Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hal Unik Adat Budaya Bali yang Harus dipahami

Konten [Tampil]
Di sini kita akan mengulas bermacam adat budaya Bali. Secara geografis, propinsi ini bersebelahan dengan laut Bali di sebalah utara, propinsi Jawa Timur di sebalah Barat, Samudera Hindia di samping Selatan, dan Nusa Tenggara Barat di samping Timur. Ibukota Bali ialah Denpasar sebagai pusat pemerintahaan dan ekonomi. Propinsi yang dikenala bernama Pulau Dewata ini memilki warga dengan bermacam suku dari semua Indonesia. Tetapi, suku yang paling memimpin ialah suku Bali yang memilki beragam-ragam budaya ciri khas yang unik.

kekhasan budaya Bali yang populer ialah tarian tradisionil yang namanya Kecak. Disamping itu, hal yang unik yang lain ialah macam makanan ciri khas yang namanya Bebek Betutu dan Sate Lilit. Makanan kaya bumbu rempah ini jadi salah satunya kulineran yang sering dicari oleh wistawan. Tidak kalah penting dari makanan dan tarian, wisatawan yang tiba di luar bali selalu menyukai Pantai Kuta sebagai objek rekreasi khusus. Pantai ini tidak jauh dari pusat perkotaan ini mempunyai kesitimewaan yakni panorama matahari terbenam. kecuali dari ketiga hal itu, Bali masih memilki kekhasan dalam sisi budaya yang unik.


Macam-Macam Budaya dan Adat Provinsi Bali

Dalam budaya dan Adat yang ada di Propinsi Bali ini mempunyai beberapa hal yang pantas kita kenali, seperti Baju Adat, Rumah Adat, Lagu Wilayah, sampai hal menarik yang lain. Yok, baca di bawah ini.

1. Baju Adat Bali

2 orang sedang berdoa

Baju Adat Bali memilki banyak macam dengan ciri-ciri unik dan perannya semasing. Di bawah ini diantaranya:

A. Pakaian Tradisional Bali


Di Bali Pakaian pria terdiri dari beberapa bagian, mulai dari segi bagian bawah. Mengenakan Kamen yang disebutkan kain Bali tradisional sama dengan sarung yang digunakan oleh lapisan dan membuat sedikit lipatan di tengah. Pada pria, kain ini dibuat simpul yang melambangkan pengabdian atau darma. Di tengah menggunakan pakaian safari yang mirip dengan pakaian / hem putih, perbedaannya hanya di bagian dua saku di bawah dan dua kantong top. Pakaian safari melambangkan kebersihan, sampai pakaiannya berwarna putih. Di bagian atas kepala mengenakan udeng. Penutup kepala ini terbuat dari kain dijahit untuk membuat simpul di tengah.

B. Pakaian tradisional wanita Bali


Sama seperti pakaian pria, pakaian wanita terdiri dari beberapa bagian. Mulai di bagian bawah, wanita akan mengenakan ketam yang sama digunakan oleh pria. Tapi, di kain wanita hanya digunakan hanya tanpa menggunakan simpul. Untuk pria dan wanita yang menggunakan Kamen memiliki jarak satu inci kain kain. Di tengah, wanita menggunakan Bali Kebaya. Kebaya ini bermotif sederhana dibandingkan dengan kebaya Jawa. Pakaian ini dikombinasikan dengan slendang yang diikat seperti ikat pinggang. Selanjutnya, rambut wanita digedor ditambah bunga tambahan seperti bunga Cempaka putih, Cempaka Yellow, dan Sadat Flowers.


Bagaimana guys? unik sekali kan baju adat Bali ini?

2. Rumah Adat Bali

gapura rumah seperti candi

kecuali baju adatnya yang unik, rumah adat Bali tidak kalah memikat buat diulas. Rumah adat Bali umunya hampir serupa dengan bangunan candi yang memilki gapuran di depannya, dan ukir-pahatan ornament unik pada dinding yang mengelilingi rumah. beberapa banguna yang ada di dalam rumah ini memilki beragam-ragam peranan, diantaranya ialah Bale Sekapat. Peranan bangunan ini sebagai tempat untuk semuanya bagian keluarga rileks bersama.


3. Lagu Wilayah Bali

wallpaper bali

Dalam seni lagu, propinsi Bali mempunyai lagu wilayah yang populer. Beberapa daftar lagu yang tidak asing untuk kita ialah Dewa Ayu, Cening Putri Ayu, Ratu Anom, Mejangeran, Sekar Emas, Bibi Rangda, dan beberapa lagu yang lain.


Penutup

bagaimana sahabat? dari 3 hal unik budaya adat Bali di atas yang mana paling kalian senang? kecuali keisimewaan pantainya yang jadi tujuan beberapa pelancong, Bali memang memilki banyak ram adat dan budaya yang memikat. Jika ada sesuatu hal yang penting kalian tanya, silakan untuk menulis kometar di bawah ini ya. mudah-mudahan dapat sedikit menambahkan ilmu dan pengetahuan berkenaan budaya Indonesia.

Posting Komentar untuk "3 Hal Unik Adat Budaya Bali yang Harus dipahami"