Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Perbedaan Budaya INDONESIA VS AMERIKA (USA) yang Bikin Salah Paham

Konten [Tampil]
Hari ini kita mau membahas tentang Budaya Amerika dan Indonesia yang memilki lumayan banyak perbedaan antara ke-2 negara ini. Dalam perbedaan ini mungkin masih ada yang sama dengan daerah kalian ya, karena di Indonesia kita punya tradisi yang berbeda-beda. 

militer indonesia vs amerika

Budaya Indonesia vs Amerika

Perbedaan pandangan kedua belah pihak negara ini dalam bidang budaya memang sangat berbeda. Hal ini sudah mutlak dan tidak dapat di perdebatkan. seperti halnya dalam budaya minum, di Indonesia dilarang, bukan hanya dilarang ya, bisa saja malah jadi kerusuhan. Makannya itu, kita akan membahas perbedaan Budaya antara Indonesia dengan Amerika, biar nggk salah paham dalam menerapkan Budaya. 


1. Salaman


Jadi, di Indoesia ada banyak perbedaan, jadi misalnya di Jawa sendiri kebanyakan berjabat tangan ya, tapi biasanya jabatnya pelan aja. Seperti di Kupang, NTT kebanyakan daerah itu cium hidung, jadi cewek-cowok yang menikah atau lajang sama siapa aja. kalau di Amerika jabat tangan bukan lembut, tapi memang harus agak keras tapi tidak harus samapi sakit. Jadi, lebih ke arah jabat tangan dengan tegas. 

2. Masuk Rumah, Melepas Alas Kaki


kalau disini ( Indonesia ) ya, mungkin hal tersebut dianggap tidak sopan, karena misalnya orang habis ngepel dan kita masuk dengan sandal atau sepatu mungkin tuan rumah merasa nggak enak akhirnya bilang "oh pake aja" tapi kita sebagai tamu ngerasa sungkan ya, apalagi rumahnya bersih banget. kalau di Amerika sana masuk kedalam rumah atau ruangan tidak melepas sepatu atau sandal itu biasa saja dan kalau melepasnya akan dipandang sedikit aneh, walaupun lantainya terdapat karpet berwarna putih sekalipun tetap menggunakan alas kaki. 

kalau sepatunya kotor gimana? ya, kalau sepatunya kotor tetap di lepas ya, seperti terdapat lumpur dan lain-lain. 

3. Jam Karet


Aku nggak tau, ini memang fakta ya, mungkin banyak yang sudah on-time seperti kereta. Tapi, orang Indonesai itu biasanya jam karet. kalau kita janjian sama teman biasanya "oh nanti kita ketemuan jam 7 ya" tapi datangnya jam 8 atau 9 gitu, dan jam 7 itu biasanya baru siap siap. kalian kaya gitu nggak guys? tapi mungkin nggak semua, namun kebanyakan saja seperti itu. 

Kalau di USA, harus tepat waktu dan apabila tidak on-time dianggap tidak sopan, biasanya untuk menghindari keterlambatan, datang lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. jadi kalau telat, memang nggk sopan yau guys kalo di Amerika.  

4. Tangan Kidal / Tangan Kiri


Di USA, penggunaan tangan tidak dibatasi, mau menggunakan tangan kiri atau kanan sama saja. kalau di Indo sekali lagi ya, hal ini tergantung masing-masing daerah. Tapi, sebenarnya di Indonesia pake tangan kiri itu nggak sopan sih, misalnya makan atau nulis, dan ngasih sesuatu pake tangan kiri itu nggk baik. tapi kalo sekarang kaya makan dan nulis itu seakan sudah biasa sih, kalau bawaan sejak lahir mau gimana lagi coba, kan hidup di Indo itu toleran dan nggak boleh diskriminasi. 

5. Makanan Pokok


Jadi, kalau di indonesia kita makan nasi atau sesuatu yang berasal dari beras itu pasti hampir 3x sehari, makan pagi, siang, sore atau malam. kalau disana ( Amerika ), kadang-kadang orang berfikir bahwa bule itu nggak bisa makan nasi, ataupun nggak pernah makan nasi. Sebenarnya, warga Amrik sendiri sering makan nasi juga hlo, khususnya kalau mengkonsumsi makanan Meksiko, China, kaya gitu. 

Hanya saja, penduduk disana tidak mengonsumsi makanan ini secara rutin. Bagi kalian yang berfikir bahwa warga disana selalu makan roti setiap hari, itu juga nggak benar. Kalau dikatakan makan roti memang makan, tapi itu makanan biasa aja sama seperti di Indonesia dan tidak setiap hari harus makan ini. Karena, disana biasanya menunya gonta-ganti sih, nggak harus itu-itu aja. 

6. Budaya Antri


Kesadaran dalam mengantri sangat tinggi kalau di Amerika dan jaraknya agak sedikti jauh sekitar 1 meter, nggak dempet-dempet. disana juga dilarang kalo memotong antrian ya, sama kaya indonesia cuman kalao disini desak-desakan antriannya kalau lagi rame banget. Di Indonesai kalo ngantri pasti deket banget jaraknya, bisa jadi khawatir ada orang yang nyrobot antrian, tapi itu sering terjadi sih disini. ya, setuju nggak setuju sih ya, tapi faktanya memang seperti itu, hehe...

7. Senpi dan Pisau


Penggunaan senpi (senjata api) dan pisau di USA sudah menjadi budaya dan hal ini bisa dikatakan lumrah, walaupun kepemilikan oleh warga sipil, dan ini legal. sedang kalo di Indonesia ada warga sipil yang memiliki Senpi, apalagi tidak ada izinnya, pasti jadi permasalahan besar. Karena, sebagai bentuk kewaspadaan akan terjadinya hal tidak diinginkan saja. 

8. Asisten Rumah Tangga


Sering kali penggunaan jasa ART hanya dimiliki oleh orang yang lebih mampu atau menengah ke atas, dan itu sudah wajar ya kan. kalau di sana malah jarang ada yang menggunakan jasa ini, walaupun mereka orang kaya sekalipun. karena, hanya orang yang benar-benar kaya banget saja, dan itu jarang sekali memakai Asisten Rumah Tangga. Menurut mereka, hal seperti dianggap tidak biasa saja. 

9. Panggil Orang Lain dengan Nama Hewan


Di Amrik, penggunaan julukan ini seperti orang tua memanggil anaknya dengan sebutan nama hewan apa gitu di anggap lucu lho, kaya monyet, panda, dan hewan lucu lainnya. Tapi, jangan sekali-kali menggunakan hewan yang kasar ya, bisa berabeh, hehe. Kalau di Indonesia sendiri gimana? coba aja kalian manggil orang dengan nama monyet, adu pukul dah tuh. karena memang dari segi pandang budaya Indonesia dan Amerika sendiri sudah berbeda. 

Kesimpulan

Itulah sedikit perbedaan budaya Indonesia VS Amerika. menurut kalian bagaimana? selama ini kita salam paham nggak dalam penerapannya? sungguh signifikan kan perbedaanya? kita sebagai Warga Nusantara tetap harus menjunjung budaya negara sendiri ya dan nggak boleh menjual budaya ke negara lain, apalagi hanya karena keuntungan semata. 

Semoga artikel di atas sedikit membantu mengenai informasi perbedaan Indo dan USA. Apabila ada kata yang kurang berkenan kami mohon maaf, dan silakan tinggalkan komentar dibawah apabila ada hal yang perlu ditanyakan. Terima Kasih 

Posting Komentar untuk "9 Perbedaan Budaya INDONESIA VS AMERIKA (USA) yang Bikin Salah Paham"