Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Alat Musik Tradisional Sumatera Barat Beserta Gambar dan Penjelasannya

Konten [Tampil]
alat musik minang, jenis alat musik minang, alat musik tradisional minang, musik minang

Perlengkapan musik ini mempunyai data yang tidak kalah mendasar serta style musik yang digunakan bagaimanapun pula mempunyai kombinasi Melayu serta modern. Perlengkapan musik tanah minang umumnya digunakan selaku pengiring dalam perihal resmi yang biasa dicoba ataupun selaku hiburan. Aspek kokoh yang lain dari perlengkapan musik ini merupakan struktur serta bahan yang digunakan buat buatnya, apalagi terdapat yang dibuat dari jemuran bambu sisa. Buat lebih lengkapnya kamu dapat memandang Perlengkapan Musik Tradisional Sumatera Barat dibawah ini. 

Apa itu Alat Musik Tradisional? 


Alat Musik Tradisional adalah sutau perlengkapan alat musik yang menjadi ikon pada setiap daerah di masing-masing negara. kegunaan utama dalam alat musik tradisional sebagai pengiring acara resmi seperti tarian tradisional, upacara adat, dan pertunjukan seni lainnya. 

Apa Keunikan Alat Musik Tradisional?


Pada dasarnya keunikan alat musik tradisional dapat kita lihat pada bentuknya, cara pembuatannya hingga bagaiman alat musim itu ditemukan, serta cara memainkannya. contohnya saja sebuah alat musik tradisional dari Sumatera Barat yang bernama Pupuik Batang Padi. alat musik ini merupakan jenis alat musik tiup yang mana terbuat dari batang padi yang bisa menghasilkan bunyi. tiap daerah memiliki keunikan pada alat musik tradisionalna masing-masing. Maka dari itu Indonesia dikenal sebagai Negara sejuta seni dan Budaya. 



Macam-Macam Alat Musik Tradisional dari Sumatera Barat

Dalam memainkan musik atau Lagu Minang, didukung dengan sebagian tipe perlengkapan musik, ialah:

1. Perlengkapan Musik Saluang

Saluang Minang

Saluang ialah perlengkapan musik tiup yang berasal dari Sumatera Barat. Perlengkapan musik tradisional dari tanah minang ini terbuat dari bambu. Uniknya, bagi keyakinan orang Minang kalau Saluang yang bagus terbuat dari bambu yang sempat digunakan selaku gantungan jemuran baju. Perlengkapan musik ini tercantum dalam kalangan perlengkapan musik suling yang mempunyai panjang 40- 60 centimeter serta cuma ada 4 lubang saja selaku nadanya. Metode memainkan saluang sama halnya dengan suling.

2. Perlengkapan Musik Bansi 

bansai minang

Bansi sama halnya dengan Saluang, ialah Perlengkapan musik tradisional Sumatera Barat yang masuk dalam kalangan perlengkapan musik tiup ini mempunyai 7 lubang dengan panjang 33, 5- 36 centimeter. Bansi sendiri terbuat dari bambu yang sempat digunakan selaku jemuran baju pula. aku sendiri kurang begitu paham mengapa senantiasa dari bambu sisa jemuran baju. Tetapi keunikannya disana, perihal tersebut ialah keyakinan warga Minangkabau.

3. Perlengkapan Musik Pupuik Batang Padi

Pupuik Batang Padi minang

Perlengkapan musik yang satu ini sangat unik, mengapa? Cocok dengan namanya, perlengkapan musik tradisional Sumbar ini dibuat dari batang padi. Kok dapat bunyi? Metode memakai perlengkapan musik unik ini ialah pada ujung batang ditiup yang hendak menciptakan ruang, sehingga hendak berbunyi semacam peluit yang melengking.

4. Perlengkapan Musik Serunai

Serunai minang

Sama semacam perlengkapan musik Perlengkapan musik Saluang, Sarunai mempunyai 4 lubang selaku nada serta bisa menciptakan suara melodius. Melodius merupakan suatu bunyi ataupun nada berirama, sehingga lezat buat didengar. Kekurangan pada perlengkapan musik Sarunai ialah kesusahan dalam buatnya serta ditambah lagi dengan aliran musik dikala ini, nada yang dihasilkan Sarunai tidak sesuai pada musik modern semacam saat ini ini.

5. Perlengkapan Musik Pupuik Tanduak( Tanduk)

Pupuik Tanduak minang

Perlengkapan Musik Tradisional Sumatera Barat berikutnya merupakan Pupuik Tanduak yang terbuat dari tanduk kerbau. Perlengkapan musik dari Sumatera Barat ini tercantum dalam jenis perlengkapan musik tiup yang di bagian ujung yang runcing dipotong selaku tempat buat meniup. Pupuik Tanduak berfunsi selaku pemberi ciri saja sebab cuma mempunyai nada dasar tunggal. Nada dasar tunggal merupakan nada yang dihasilkan tidak mempunyai alterasi nada yang lain serta cuma berbunyi secara datar. 

6. Perlengkapan Musik Talempong

Talempong minang

Perlengkapan musik Talempong dibuat dari besi kuningan yang diletakan di atas wadah serta dibawahnya ada tali selaku penyangganya. Buat perlengkapan pukulnya dibuat dari kayu serta ujung kayu yang digunakan buat memukul di lapisii dengan kain ataupun ban karet sehingga memunculkan bunyi yang empuk. Metode memainkan Perlengkapan Musik ini dengan dipukul serta berperan selaku perlengkapan musik pengiring tarian. Guna utama perlengkapan musik Talempong merupakan selaku pengiring dalam upcara adat Minangkabau serta penyambutan tamu. jika di Jawa namanya Bonang. 

7. Perlengkapan Musik Rabab

Rabab minang

Selaku mana yang kita ketahui, Perlengkapan Musik Rabab bukan cuma ada di daerah Jawa saja. Rebab sendiri berasal dari Arab serta Rebab Minangkabau memilki keunikan tertentu, tidak hanya metode memainkannya dengan digesek, ada sesuatu membran suara dibawah bridge yang berperan selaku getaran.

8. Perlengkapan Musik Aguang

Aguang minang, gong minang

Aguang ialah Perlengkapan Musik Tradisional Sumatera Barat yang sama dengan Gong Campursari ataupun pengiring pewayangan di Jawa, cuma dalam sebutannya yang berbeda. jika di Jawa" Gong", sebaliknya di Minangkabau" Aguang". Metode memainkan perlengkapan musik ini dengan di jam sama semacam memukul Perlengkapan Musik Talempong ataupun Bonang.

9. Perlengkapan Musik Gandang

Gandang minang, gendang minang

Gandang berperan selaku pengiring musik tarian dalam budaya Minang. Wujud perlengkapan musik ini nyaris sama semacam Bedug dengan kedua sisi Gandang dibuat dari kulit hewan, apabila di jam hendak menciptakan bunyi kurang lebih semacam“ dung, dung, dung”.

10. Perlengkapan Musik Biola Khas Minangkabau

biola, biola minang

Secara universal, perlengkapan musik Biola Minang masih sama dengan Biola pada umunya, cuma saja terdapat sebagian pergantian dicoba cocok dengan aliran musik tradisional Minangkabau. 



Kesimpulan

itulah sedikit informasi mengenai Jenis Perlengkapan Alat Musik Tradisional Sumatera Barat. sebenenarnya, dalam setiap daerah memiliki jenis dan alat musik dengan ciri khas budaya masing-masing. kita sebagai generasi muda hjarus senantiasa menjaga dan melestarikan warisan para nenek moyang, termasuk musik tradisional agar dapat selalu berkembang tidak akan hilang termakan oleh waktu. 

Posting Komentar untuk "Perlengkapan Alat Musik Tradisional Sumatera Barat Beserta Gambar dan Penjelasannya"