Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tari Saman: Sejarah dan Asal-Usulnya yang Unik dan Menarik

Konten [Tampil]
Sejarah dan Asal-Usul Tari Saman - Selaku negeri kepulauan Indonesia mempunyai banyak pulau yang sebagian besar dibagi oleh sebagian provinsi. Sampai dikala ini jumlah provinsi di Indonesia dari waktu ke waktu lama- lama hadapi kenaikan sebab terdapatnya pemekaran daerah. 

sekelompok wanita sedang menari

Dikala ini provinsi di Indonesia tercatat sebanyak 33 provinsi mulai dari sabang hingga merauke. Selaku kesenian wilayah Aceh Tari Saman populer hendak keunikan dan kekompakan dalam gerak berirama yang disajikan dalam suatu pementasan. Di dasar ini kita hendak sedikit membahas menimpa sejarah tari saman.


Sejarah dan Asal-Usul Tari Saman

Tiap provinsi di Indonesia pasti mempunyai karakteristik khas baik dalam ranah sosial ataupun kebudayaan yang mencerminkan warga di sesuatu wilayah. Selaku wilayah yang pula diketahui dengan istilah serambi mekah pasti Aceh ialah daerah utama yang memperoleh pengaruh dari ajaran Islam di nusantara.

Tari Saman Berasal dari Aceh dengan jenis Tarian yang menggunakan Jenis Pola lantai. Maksud dari pola lantai disini adalah sejajar atau lurus secara vertikal dan horizontal. Sejarah Tari Saman mulai diketahui pada masa masuk serta berkembangnya agama Islam di Aceh. 

Bagi bermacam sumber kemunculan tari saman awal kali diketahui oleh warga suku Gayo Lues selaku sesuatu ritual yang dicoba guna memeringati upacara- upaca adat ataupun kejadian berarti dalam sosial warga Suku Gayo.

Sebagian lagi berkeyakinan kalau tarian yang sudah menemukan alkulturasi kebudayaan Islam ini tadinya digunakan selaku media dakwah dalam bermacam hajatan terpaut dengan kegiatan keagamaan semacam peringatan hari besar Islam serta lain sebagainya. Secara logika tarian ini bisa kita simpulkan selaku fasilitas buat mendatangkan serta menarik warga Aceh buat tiba dalam kegiatan keagamaan Islam.

Pencipta Tari Saman

Ialah Syekh Saman, seorang ulama besar dari suku Gayo disebut- sebut sebagai orang yang menciptakan tarian yang dikolaborasikan dengan syair dan musik ini pada kisaran abad ke- 16. Pok Ane yakni sebutan dari jenis tarian ini pada dini kemunculan nya, namun demikian peran dari Syekh Saman dalam menciptakan gerakan tari lebih dikenal oleh masyarakat, karena inilah sehabis itu ekspresi gerak tubuh berirama yang dikenal oleh masyarakat Gayo tersebut diberi nama dengan sebutan“ tari saman”.


Pada perkembangannya keunikan gerakan tari saman mendapatkan banyak apresiasi baik dari rakyat setempat maupun dari wilayah dekat di luar Gayo sendiri. Lelet laun tarian ini menyebar ke berbagai daerah di dekat Gayo dan pada puncaknya jadi salah satu icon kesenian daerah Provinsi Aceh.

Sedikit cerminan pasti dapat kita miliki dari postingan pendek di atas, untuk sahabat yang merasa mau meningkatkan ataupun membagikan koreksi pada pembahasan ini bisa berpendapat pada kolom pendapat di akhir uraian menimpa sejarah asal usul tari saman pendek ini. 

Keunikan Tari Saman

Seni tari bisa dikatakan sebagai identitas suatu daerah, biasanya jenis tari dari setiap provinsi memiliki keunikannya masing-masing, termasuk dalam seni Tari Saman. Tari yang dimainkan dengan sekelompok orang yang menggunakan pakaian warna-warni yang menarik ini akan menyuguhkan gerakan yang indah. Sebuah seni tari biasanya menjadi salah satu ikonik suatu daerah dan penanda untuk suatu tempat. Gambaranya begini, contoh jenis tari A berasal daeri daerah A, jenis tari B berasal dari daerah B. Hal ini mengartikan bahwa sebuah tarian dapat dijadikan identitas suatu daerah asal. 


Pada pembahasan ini, keunikan Tari Saman sebenarnya dapat kita lihat dengan terang. Coba kalian perhatikan pada sekelompok orang yang melakukan tarian ini, mereka membantu sebuah baris dengan rapi, lalu melakukan gerakan yang se-irama dan se-nada, seakan-akan membantuk sebuah baris yang berputar bergantian dan kompak. Namun, secara deatil dari keunikan Tari Saman akan kita bahas dibawah ini. 

1. Tidak Menggunakan Alat Musik

Berbeda dengan beberapa jenis tari pada umunya yang menggunakan alat musik, keunikan Tari Saman salah satunya terletak pada pengiringan musik yang digunakan. Tari Tradisional dari Aceh ini menggunakan bunyi yang berasal dari gebrakan tangan yang mana hal itu digunakan sebagai acuan untuk musiknya.
 

2. Jumlah Personil

Keunikan lain yang terdapat pada tarian ini, yaitu pada jumlah personilnya. Jumlah pemain yang memeranakn Tari Saman adalah 17 (biasanya), hal ini memang sudah menjadi ketentuan dalam melakukan tarian Aceh ini harus ganjil. 

3. Gerakan Tari Saman

Peman dalam Tari Saman bisa dibilang harus multi tasking. Kenapa? Dalam acara pagelaran tari ini, personil yang memainkannya harus menjaga konsentrasi, kekompakan, dan keharmonisan, dikarenakan harus menyanyi dan menciptakan suara musiknya sendiri dari gerakan tangannya sebagai pengiring tarian ini. 

4. Menurut Tujuannya

Sama halnya dengan beberapa jenis tarian di Indonesia yang memilki tujuan, Tari Saman dari Aceh ini juga memiliki tujuan, menurut kepercayaan yang berkembang kalau Tarian Tradisional khas Aceh ini sebagai penyampaian atas keagamaan. Secara, provinsi Aceh merupakan daearh mayoritas beragama Islam. 

Baju yang Digunakan Pada Tari Saman

Tak kalah penting pada keunikan Tari Saman itu sendiri, pakaian, kostum, atau baju yang digunakan dalam Tari Saman memilki ciri khas yang menarik. Dalam hal Baju Tari saman, dikelompokan menjadi 2 sebagai pelengkapanya, yaitu bulang teleng, sunting kepies, dan kerawang. 

1. Bulang Teleng dan Sunting Kepies

Bulang Teleng dan Sunting Kepies merupakan properti baju dalam Tari Saman yang digunakan di bagian Kepala. Bulang Teleng sendiri yaitu sebuah properti dengan bentuk seperti persegi atau bundar, dipakai di kepala. Kalau Sunting Kepies, sebuah properti yang berbentuk menyerupai bunga ditempatkan di kepala juga, namun agak ke samping kanan.

wanita menari sambil tersenyum

2. Kerawang

Dalam properti pada baju Tari Saman yang digunakan sebagai pokok pakaian disebut Kerawang. Kerawang sendiri adalah nama baju Tari Saman atau nama lainnya adalah baju kantong. Kerawang sendiri ciri khasny berwana hitam dengan lengan yang pendek. Seperti pada gambar di bawah ini ya. 

baju tari warna hitam


Penutup

Itulah sedikit ulasan mengenai Tari saman yang unik dan menarik. Sebagai salah satu jenis tarian dari provinsi Aceh, Tari Saman mampu membuat kemajuan dalam bidang seni Tari, salah satunya ketika moment persembahan Asian Games yang memaerkan salah satu kesenian tradisional dari Indonesia, yaitu Tari Saman. Semoga kedepannya, seni tradisional mulai di perhatikan agar semakin maju dan perkembang. 

Posting Komentar untuk "Tari Saman: Sejarah dan Asal-Usulnya yang Unik dan Menarik"