Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Tombak Trisula dan Keris Senjata Tradisional Sumatera Selatan

Konten [Tampil]

Senjata tradisional merupakan sebuah benda yang berasal dari daerah atau provinsi, terutama di Indonesia. Perkembangan suatu budaya dan tradisi seakan tidak terbendung dengan seiring perkembangan zaman yang modern, berbagai jenis senjata tradisional mulai tercipta dari tahun ke tahun. Sebagai contohnya adalah Tombak Trisula dan Keris yang berasal dari Sumatera selatan ini. 

Baca Juga: Mengenal Tradisional Provinsi Sumatera Utara Lebih Dalam dan lengkap

Biasanya yang kita kenal bahwa keris itu berasal dari jawa saja. Kembali lagi, karena Indonesia terkenal dengan budaya, adat, dan tradisi yang sangat kaya, banyak kesaam atau perbedaan dari segi nama ataupun bentuknya. Contohnya keris, tidak hanya di Jawa saja yang memiliki senjata tradisional ini, provinsi Sumsel yang merupakan daerah yang terletak di pulau Sumatera ini juga memilki senjata tradisional keris, walaupun namanya sama, tapi biasanya ada perbedaan dalam segi bentu, ciri, hingga proses pembuatannya. 

Senjata tradisional Trisula dan keris khas Sumatera Selatan sudah ada sejak dulu dari zaman kolonial, pada saat itu digunakan sebagai senjata dalam mungsir penjajah. Namun, saat ini fungsi utama dalam penggunaan senjata tradisional Tombak Trisula dan Keris Sumsel lebih ke acara adat, contohnya sebagai pelengkap properti baju adat Sumatera Selatan dalam acara pernikahan. 

Cara singkat membuat Tombak Trisula, Senjata Tradisional Sumsel

Tombak Trisula tombak 3 mata

Dalam pembuatan tombak khas sumatera selatan ini, semua bahannya murni menggunakan besi. Pada tahapan pertama besi dibakar hingga berwarna merah dan kemudian di bentuk menjadi 3 runcing di bagian atas, apabila dirasa mulai mengeras silahkan untuk dibakar kembali hingga kemerahan dan pikul hingga pipih. Ow iya, besi yang digunakan dalam pembuatann Tombak Trisula Sumatera Selatan yang paling mudah biasanya dari per atau sock mobil yang berbentuk persegi panjang agak melengkung. 

Baca Juga: Update Profil Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Terbaru

Kita lanjut kembali, apabila sudah mulai membentuk seperti garpu dengan 3 runcing di ujung dan lurus, silahkan panaskan lagi hingga merah, kemudian celupkan kedalam air. Setelah itu, amplas pada seluruh bagian tombak hingga halus menggunakan amplas mesin gerinda hingga warna karat luntur. Jika semua sudah bersih, silahkan untuk diberi warna atau bisa juga dengan warna asli dari besi itu sendiri, kini Tombak Trisula Senjata Tradisional Sumatera Selatan sudah siap. 

Cara Membuat Senjata Keris Sumatera Selatan 

keris sumatera selatan

Keris dikenal sebagai salah satu senjata tradisional yang sudah digunakan secara turun-temurun oleh leluhur kita, entah sebagai perang ataupun sebagai pelengkap dalam tradisi pernikahan. Dalam pembutannya, keris sumtera selatan masih sama dengan trisula pada bahan yang digunakan adlaah besi. Proses pembuatan keris bisa dikatan lebih lama dari pada pembuatan senjata tradisional trisula yang berasal dari sumatera selatan. Untuk pembutan keris sendiri tetap menggunakan api yang besar, kemudian besi yang akan dibuat menjadi keris di masukan kedalam api tersebut hingga besi berwarna merah agar mudah untuk dibentuk. Apabila besi sudah berwarna merah, silahkan di angkat kemudian siap untuk dibentuk. 

Baca Juga: Koteka, Baju Adat Papua Barat untuk Pria yang Terkenal Unik

Dalam pembuatan keris, terdapat lekukan yang dinamana “luk”. Luk dalam keris adalah lekukan yang memilki jumlah berbeda, adayang 7, 9, dan 11. Pada saat proses pembuatan “luk” dibutuhkan kesabaran yang tinggi dan untuk membuat “luk” keris itu sendiri dengan cara di timpa dengan palu sedikit demi sedikit pada bagian sisi hingga membantuk keris, bila sudah mulai mengeras, dimasukan lagi kedalam api dan dibakar hingga merah. Lakukan berulang-ulang hingga bentuk keris yang diinginkan mulai kelihatan.

Baca Juga:  Sejarah dan Asal-Usul Tari Saman yang Unik dan Menarik

Pada proses selanjutnya yaitu dengan memahat keris itu sendiri menjadi ukiran-ukiran yang bagus dan sesuai dengan keinginan. Oh iya, dalam pembuatan keris ynag sederhana biasanya memakan waktu kurang lebih 1 minggu, namun untuk jenis keris yang lain yang lebih rumit bisa mencapai estimasi waktu 1 bulan. 


Wadah Keris atau Warangka

Tak luput dari keris itu sendiri, biasanya terdapat juga Warangka atau wadah yang digunakan sebagai temapt untuk menyelipkan keris. Warangka sendiri pada umunya terbuat dari kayu. Proses dalam pembuatan warangka atau wadah keris ini dengan cara membilah 2 buah kayu yang kemudia ditempelkan menjadi satu dengan lem atau alat merekat lain. Agar lebih menari, Warangka biasanya diberi hiasan atau pernak pernik pada bagian luarnya. 

Penutup

Baiklah kawan, kurang lebih itulah segelintir informasi mengenai Cara membuat Tombak Trisula dan keris Senjata Tradisional Sumatera Selatan. Pesan buat kita semau, apapun budaya, adat, hingga tradisi yang sudah turunkan kepada kita sebagai anak cucu harus tetap dilestarikan, agar hal seperti ini terus berkembang dan tidak lekang oleh waktu. Kita sebagai generasi peners bangsa harus bangga pada budaya Indonesia yang sangat kaya dan harus mampu menjaganya sampai kapanpun, hingga diwarkan kembali kepada generasi muda berikutnya. 


Posting Komentar untuk "Cara membuat Tombak Trisula dan Keris Senjata Tradisional Sumatera Selatan"