Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pagelaran Festival Budaya Unik di Jepang

Konten [Tampil]

Jepang adalah negara dengan sebutan Matahari terbit. Negara di wilayah benua Asia ini selalu memberikan warna dalam kemajuan bidang teknologi. Sama halnya dengan negara bagian lainya, jepang merupakan negara maju yang memiliki hari khusus untuk pagelaran festival Budaya yang unik.

Negara yang memiliki berbagai kebudayan ini sangat terkenal di dunia. Selain warganya yang ramah, masyarakat Jepang sendiri selalu melestarikan kebudayannya, salah satunya festival yang diselenggarakan setiap tahunnya. Berbagai macam kegiatan dipentaskan dalam pagelaran ini.


Keunikan Festival di Jepang

Pagelaran Budaya festival yang di selenggarakan, Jepang termasuk salah satu negara paling unik dalam pagelaran Festivalnnya. Keunikan dalam acara ini selalu memperlihatkan adat kebudayaan setiap darerah di negara ini. Maka dari itu, untuk mengulas lebih banyak lagi, simak penjelasan di bawah ini mengenai 6 Pagelaran festival Budaya Unik Jepang.


Jenis Festival Budaya Jepang

Dalam pagelaran Festoval yang dilaksanakan setiap tahunnya, terdapat banyak sekali jenis yang di pertunjukan, berikut ini jenis festival budaya yang rytin digelar tiap tahunnya. 


1. Kanda Matsuri

parade festival di jepang

Kenapa di sebut festival kanda Matsuri? Dalam pagelarannya, festival ini diadakan di kuil Kanda yang terletak di wilayah Tokyo, Jepang. Untuk menyelengarakan acara ini. Hanya berlangsung setiap satu tahun sekali selama 6 saja pada bulan Mei. 

Lama juga ya.... acara yang disuguhkan hampir sama dengan festival di Indo, cuman bedanya dalam jumlah hari pagelarannya. 

Baca Juga: budaya kerja di Jepang yang Wajib kita ketahui

Nah, gong Festival ini terletak pada hari sabtu dan minggu, mungkin bersamaan dengan hari kerja sehingga warga masyarakat bisa melihat Festival ini. Dalam arakan-arakan yang dilakukan mengitari 3 kota, yaitu Nihonbashi, Kanda, otemachi.

a. Nihonbashi: merupakan pusat kota dalam bidang bisnis terbesar di Tokyo

b. Otemachi: Otemachi sendiri menurut kepercayaan masyarakat Jepang merupakan Kota Kuno di Tokyo dan letaknya masih berdekatan dengan Nihonbashi.


2. Chichibu Yomatsuri di Saitama Jepang

festival kembang api di jepang

Kita pasti tidak asing dengan kota ini, selain kemegahan Saitama Stadium yang merupakan tempat penyelenggaraan bidang olahraga, festival unik di Jepang juga digelar kota ini bro. 

Chichibu Yomatsuri namanya, Festival setahun sekali di jepang ini secara resmi sudah di akui oleh badan organisasi budaya Dunia (Unesco). Untuk mengadakan acara ini dibutuhkan waktu 1 tahun sekali tepatnya di akhir tahun, Desember tanggal 2-3. 

Keunikan Festival yang disuguhkan hampir sama sih seperti kita kalo pas lagi hari kemerdekaan trus liat parade di jalan, ada mobil yang dihias jadi tank, pesawat, dll. Uniknya, Festival ini puncaknya dimalam hari bro dan akan ada kemeriahkan dari kembang api yang diluncurkan.


3. Tokushima Awa Odori di kota Tokushima

parade tari di jepang

Tokushima merupakan salah satu kota terbesar di jepang. Kalau di Indonesia ibaratnya provinsi bro, kayak Provinsi Jwa Tengah ibukotanya Semarang gitu. Jadi, tokushima ini ibukota dari wilayah tokushima itu sendiri dan memilki 8 kotaa besar yang terletak dipulau shikoku. 

Nah, sedikit berbeda dengan beberpaa festival di atas, Tokushima Awa Odori hanya menampilan jenis festival tari dan nggak ada parade atau arak-arakannya. Sedikit informasi mengenai sejarah festival tari ini, sudah ada kurang lebih 400 tahun yang lalu, lama banget yak. Pagelaran 1 tahun sekali ini hanya diselenggarakan pada bulan agustus aja nih bro, tepatnya di tanggal 12-15. 

Tujuan diadakannya festival ini, menurut sejarah orang Jepang sebagai penyambutan roh orang yang sudah mati kemudian menghampiri orang yang masih hidup. Serem bro. Kalo di Indonesia udah lari kebirit dah, apalagi kalo ampe keliatan tuh rohnya.


4. Nebuta Aomori di Aomori Jepang

lukisan raksasa

Festival ini dominan dengan lampion yang lumayan banyak, sekitar 20-an lah kurang lebih, tapi ukurannya jumbo. Pagelaran ini diadakan di jalan kayak arak-arakn gitu di kota Aomori. Kota ini berada di daerah Tohoku, Jepang. 

Nah, Bagi kalian yang belum ngerti, Nebuta itu sendiri merupakan Lampion yang digunakan parade itu bro. Budaya Festival kaya ini rutin digelar setiap tahunnya pada bulan Agustus tanggal 2-7, hampir sama seperti festival di Jepang pada umunnya sih.


5. Festival kyoto Gion Matsuri di Kota Kyoto

parade festival di jepang

Kyoto sebagai satu diantaranya kota yang ada di honshu dalam jumlah masyarakat kira-kira 2.802.000 juta Jiwa. Walau sama gunakan kata MaTsuri, kyoto Gion Matsuri nyaris serupa dengan kanda Matsuri seperti alat transportasi yang di modif atau di kasih hiasan agar menarik. 

Oh ya, festival ini sama digelar dalam sesuatu kuil, bila Kanda Matsuri di Kuil Kanda, sedang Kyoto Gion Matsuri di Kuil Yasaka. Buat acara ini diadakan tiap-tiap tahun saat bulan juli tanggal 17 dan 24.


6. Karatsu Kunchi di kota Saga

parade ikan raksasa

Saga sendiri merupakan bagian dari salah satu kota di jepang , namun sedikit kecil. Selain itu, kota ini nggak terlalu terkenal sih dikalangan wisatawan, khususnya mancanegara.  Walaupun begitu, Saga menjadi tempat pagelaran festival unik di Jepang yang masih bertahan sampai saat ini. festival yang biasannya diselenggarakn di kota ini ada Karatsu Kunchi. 

Masih dalam lingkun kendaraan yang di kasih hiasan, cuman lebih ke detail yang amat sangat tinggi dan kendaraan hias ini tetap dipajang terus bertahuan-tahun di sebuah museum. Jadi kalian apabila belum ada waktu saat digelarnya festival ini, kalian tetap bisa menikmati hasil kreatifitas budaya Festival ini. jadai nggak usah takut ketinggal ya bro.

Baca Juga: Prosesi Upacara Minum Teh di Jepang yang Suci serta Unik


Penutup

Itulah tadi informasi mengenai 6 Pagelaran festival Unik di Jepang. Walaupun di Indonesia sendiri ada dalam setiap tahunnya, tapi tidak ada salahnya kalau kita mengintip sedikit festival unik yang ada di Jepang. Setiap negara memilki keunikan sendiri dalam pagelaran festival yang dipertontonkan, hal ini biasanya menjadi moment paling ditunggu-tunggu oleh setiap masyarakat. Namun, sayangnya keadaan saat ini kurang begitu kondusif untuk menyelenggarakan festival unik ini. Semoga keadaan ini cepat pulih dan kembali normal, agar kita bisa menyaksikan festival-festival unk ini secara rutin setiap tahunnya.

Posting Komentar untuk " 6 Pagelaran Festival Budaya Unik di Jepang"