Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koteka, Baju Adat Papua Barat untuk Pria yang Terkenal Unik

Konten [Tampil]
2 orang papua sendang ngobrol menggunakan koteka

Sudah sejak lama Indonesia terkenal dengan kekayaan alam serta budayanya, hal ini dapat kita lihat dari banyakanya pulau dan provinsi yang terdapat di negara itu. Tak lepas dari hal itu, negara yang juga disebut sebagai negara dengan seribu pulau ini mempunyai berbagai jenis budaya, adat, dan tradisi, lebih menariknya lagi dalam segi pakaian adat yang digunakan dalam setai provinsi berbeda-beda, ini bisa diibaratkan sebagai tanda pengenal dari setiap masing-masing daerah.
 



Pakaian adat merupakan salah jenis pakaian yang menjadi ciri khas setiap provinsi yang dapat digunakan sebagai identitas daerah, termasuk pakaian adat Papua Barat yang mulai terkenal di kalangan Mancanegara. Selain dari segi keunikan dalam bidang pakaian tradisional, Papua Barat juga memilki rumah adat yang menarik untuk dibahas sebenarnya, dari segi bangunan yang unik dan berbeda menjadikan salah satu provinsi paling barat ini mudah terkenal dan interlokal ataupun internasional. 

Baju Adat Papua Barat Koteka

Baju Adat atau pakaian tradisional dari Provinsi Papua bagian Barat bernama Koteka. Koteka sendiri merupakan salah satu baju tradisional kebanggaan papua Barat dan bagi kita yang masih awam dalam hal semacam ini, tidak sulit untuk mengenali atau menghafal baju adat ini. Sebagai bukti keunikannya, koteka sendiri memiliki beberapa ciri utama sebagai bentuk kekhasannya. 


Koteka menjadi salah satu jenis baju adat papua barat dengan yang dikhsuskan hanya untuk pria saja. Penggunaan koteka sendiri sebagai penutup bagian bawah pria (bagian kelamin) dengan bentuk koteka yang runcing dan panjang. 

Sejarah Koteka Pakaian Adat Papua Barat untuk Pria

Selain dari sisi keunikannya, koteka juga memiki sejarah yang menarik untuk dibahas. Menurut pendapat warga setempat, baju adat khas untuk pria ini awalnya sebagai penutup saja. Karena masih berhubungan dengan suku paniai, masyarakat setempat biasanya menyebut pakaian adat dengan sebutan Holim. Secara umum, terkait dengan pakaian itu, asalnya dari sebagian di daerah dekat dengan Gunung Jayawijaya. 

Keunikan Koteka

Bagi kalian yang sudah melihat atau baju adat Papua barat yang bernama Koteka pasti kalian sudah bisa menyimpulkannya sendiri letak keunikkan. Keunikan baju adat koteka saya rasa memang sangat unik, terutama yang dipakai pada bagian bawah. Bisa dikatakan, kalo pakaian adat yang satu ini beda daripada yang lain, cukup simple, unik, dan menarik. Uniknya koteka terletak pada bentuk dan bahan yang digunakan, dari labu air yang panjang dan kering. Simak penjelasannya dibawah ini.

Pembuatan Koteka

gambar koteka

Apakah kalian tau koteka itu terbuat dari apa? Dilihat dari bentuknya yang menarik, ternyata koteka terbuat dari labu air yang sudah dikeringkan hlo. Cara pembuatannya cukup simple, yaitu dengan labu air yang sudah dipetik dari pohonnya kemudian di ambil dan dibersihkan bagian dalamnya, yaiut pada bagian isiannya saja. Kemudia, labu yang sudah bersih dari biji dijemur hingga kering. Setelah itu, labu yang sudah kering bisa digunakan, agar lebih menarik dan unik bisa ditambahkan sedikit ukiran atau corak untuk mempercantik koteka itu sendiri.  

Mulai Ada Larangan dalam Penggunakan Koteka

warga papua di persidangan

Pada akhirnya, Baju adat Papua Barat untuk Pria yang bernama Koteka itu mulai ada pertentangan oleh pemerintah. Hal tersebut dianggap bahwa, dirasa kurang pantas dikarenakan dalam pengaplikasian baju adat ini sedikit terbuka dan kurang sopan. Akhirnya, sekitar tahun 50-an, sang penyebar agama mulai menyuarakan pendapatnya untuk menggunakan celana saja, karena lebih sopan. Sebagian warga sebenarnya sudah mulai mengenakan celana pendek, namun sebagian juga masih memakai koteka sebagai baju adat dan patut untuk dipertahankan.   

Penutup

Itulah informasi mengenai koteka sebagai baju adat laki-laki papua barat yang terkenal unik. Pakaian adat merupakan warisan budaya yang patut kita jaga dan lestarikan, jangan sampai pihak lain ( negara luar ) mengklaim adat dan budaya yang sudah turun-temurun diwariskan oleh nenek moyang kita. Sebagai generasi muda, belajar informasi budaya sangat penting sebagai pengetahuan agar anak muda lebih memberikan perhatian kepada budaya negara sendiri. 

Posting Komentar untuk "Koteka, Baju Adat Papua Barat untuk Pria yang Terkenal Unik"