Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Tradisional Provinsi Sumatera Utara Lebih Dalam dan lengkap

Konten [Tampil]
Provinsi Sumatera Utara adalah suatu wilayah atau daerah yang terletak di pulau Sumatera dengan luas wilayahnya mencapai 72 ribu Kilometer Persegi (Km²). Provinsi yang biasa disebut dengan nama Sumut ini sudah berdiri sejak tahun 1956 dengan ibu Kota yang sekarang adalah Medan. Dalam bdang Tradisional, seakan sama dengan daerah lain, Sumatera Utara juga memiliki berbagai Tradisional yang lengkap dan mendalam, seperti Rumah Adat Sumatera Utara, Pakaian, Senjata, Alat Musik yang digunakan, Lambang Provinsi, termasuk dengan lagu daerahnya juga. 


Sumatera Utara yang terkenal dengan Ibu Kota Medannnya, yang termasuk dalam kategori kota besar di Nusantara juga masih memegang teguh dalam tegaknya budaya dan adat tradisional dalam perkembangan zaman saat ini. Berbagai Suaka Alam yang banyak berdiri dan hasil bumi yang melimpah serat tinggi, menjadikan Sumut sebagai salah satu Provinsi di Pulau Sumatera paling maju.  
 

Pakaian Adat Tradisional Sumatara Utara

Tepatnya di daerah Tapanuli Utara, tenunan tradisional disebut dengan nama Ulos. Setiap jenisnya, memiliki fungsi yang berbeda-beda, contohnya saja Ulos Sitolutoho, Ulos Sibolang, Ulos Mangiring, Ulos Ragi Hotang, Ulos Ragi Hidup, Ulos Sadum, dan Ulos Godang. Oh iya, Ulos yaitu nama lain dari Kain, kalau bahas Indonesia kain dan bahasa daerah di Sumatera Utara disebut ulos. 

Cara Pembuatan Ulos atau Kain

Sebenarnya dalam segi bentuk, tekstur, bahan, dan cara pembuatannya, untuk Ulos sendiri mirip dengan songket. Songket adalah kain tradisional dari Palembang, Sumatera Selatan.  Dalam pembuatan atau pengerjaan kain Ulos sendiri masih sanagat tradisional, tidaka menggunakan mesin, melainkan menggunakan alat tenun tradisional yang biasa terbuat dari kayu. Dan pembuatannya masih mirip dengan pembuatan kain songket. 
Dalam segi penggunaan, baju adat di semua provinsi di Indonesia pasti akan dibedakan anatara pria dan wanita, entah itu dari akseosri, cara menggunakan, pernak-pernik, hingga perhiasannya. 

Ulos yang digunakan untuk Pria Sumatera Utara

Secara detail dalam penggunaan pakaian ulos pria khas Sumut ada topi, pakaian atas atau baju, celana panjang, sarung dan sepatu. Dalam penamaan untuk tiap bagian dari topi sendiri pada Ulos Pria jenisnya Ulos yang digunakan adalah Ulos Mangiring atau orang asli sana menyebutnya Sabe-Sabe,, kemudian, ada Ulos Ragi Hotang yaitu kain yang disampirkan atau diletak di bahu yang sebelumnya kain sudah dilipat menjadi persegi panjang terlebih dahulu. Yang terakhir ada Sarung, dalam penggunaannya seperti sarung pada umunya, yaitu kenakan pada pinggang dengan catatan di atas lutut. 

Ulos yang digunakan untuk Wanita Sumatera Utara

Penggunaan properti Ulos Wanita dalam Pakaian Adat Sumatera Utara anatar lain ada Ulso Sadum, yaitu kain yang diletakan di Bahu dan masih sama dengan Ulos pria, kemudian ada Ulos Ragi Hotang dan kain sarung. Kalau dilihat secara spesifik untuk aksesoris properti Ulos Wanita Sumatera Utara ada penambahan namanya Bulang (aksesoris di atas kepala yang berbentuk mahkota dan biasanya berwana kuning ke-emasan. 

Lambang Provinsinya

logo provinsi sumut

Untuk lambang provinsi pada umunya pasti memiliki semua, untuk keterangan pada lambang provinsi Sumatera utara adalaha pad kapas dan perisai berbentuk jantuk yang di dalamnya terdapat lukisan bintang bersudut lima, bukit barisan berpucuk lima, pelabuhan, dan pabrik. Ditengah perisai terdapat gamabr orang sedang menanam padai yang dikelilingi pohon sawit, karet, ikan, dan tembakau.
 

Alat Musik Khas Sumatera Utara atau Sumut

Alat musik khas atau tradisional adalah jenis alat musik yang murni berasal dari daerah tertentu dengan tujuan sebagai pengiring dalam budaya, adat, atau tradisi. Alat musik ini biasanya sudah turun temurun sejak lama dan menjadi ciri khas pada setiap daerah. Dalam hal ini, ada beberapa jenis alat musik dari Sumatera Utara antara lain adalah Gondang,Kendang Melayu, Druri dana, Doli-doli, farita, Gedumba/marwas, hapetan, dan yang terakhir adalah Aramba. 

Macam dan Jenis Tarian Sumatera Utara

tarian tarian tradisional sumatera utara kartun atau lukisan

Tarian Tradisional adalah sebuah seni gerakan yang dipadukan dengan musik dan berasal dari alat musik yang dimainkan dengan. Zaman dulu, tarian tradisional bertujuan sebagai gambaran atau penyampaian sebuah pesan atau petuah. Di Sumatera Utara sendiri juga ada berbagai jenis tarian tradisional yang terkanal, yaitu Tortor, Tunggal panaluhan, serampang du belas, payung, morah-morah, sigale-gale, dan kuku endek-endek. 


Rumah Adat dan Suku Asli Sumatera Utara

rumah adat sumut kartun atau lukisan

Rumah adat adalah bangunan rumah yang dibangun dengan menggambar ke-khasan suatu daerah tersebut dan biasanya di terapkan pada bagian-bagian rumah adat itu sendiri, seperti ornamen di dinding atau tembok, bentuk genteng atau atapnya, dan bentuk bangunannya. Sedangkan, suku adalah segerombolan orang yang membentuk suatu kelompok yang mempunyai ciri dan adatnya sendiri, termasuk bahasa, budaya, dan tradisinya. Dalam perkembangannya, suku yang mulai masuk ada suku batak, toba, mandailing, nias, dll. 


Rumah adat Sumatera Utara terkenal dengan nama balai batak toba atau dengan nama lain jabu bolon dan jabu persakitan. Tempat menaruh benda pusaka atau yang dikeramatkan dan sebagai pertemuan untuk berunding dalam aktivitas yang menyangkut kemasyarakatan, terutama dalam bidang adat. Rumah balai batak toba umunya berbentuk seperti panggung dengan beberapa tiang penyangga dan biasanya untuk tingginya 1.75 meter dari dasar atau permukaan tanah. 

Peta Buta atau Letak Geografis wilayah Sumatera Utara

Secara geografis, wilayah sumatera utara berada pada 4 derajat – 40 derajat Lintang Utara dan 96 derajat 40 derajat – 50 derajat bujur timur. Pada peta buta provinsi sumatera utara seperti gamabr dibawah ini: 

peta buta sumatera utara


Lagu daearh Sumatera Utara Paling Terkenal

Dalam sebuah provinsi memiliki berbagai jenis lagu daerah, namun biasanya dari bermacam-macam lagu hanya ada bebrapa yang terkenal. Butet, merupakan salah satu lagu daerah dari sumatera utara paling terkenal dan hits. Walaupun namanya lagu daerah, lagu masih melekat pada penggemarnya. 

Lirik, Nada, dan Not lagu Butet

 
lagu butet dan liriknya

Penutup

Dari uraian di atas mengenai Macam-Macam Tradisional Provinsi Sumatera yang memiliki unsur cukup dalam sebagai provinsi yang terletak di pulau sumatera ini, semoga dapat sedikit memberikan pengetahuan dan informasi yang cukup. 


Posting Komentar untuk "Mengenal Tradisional Provinsi Sumatera Utara Lebih Dalam dan lengkap"