Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Profil Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Terbaru

Konten [Tampil]

Indonesia merupakan suatu negara dengan provinsi terbanyak di Dunia (salah satu negara). Di indonesia sendiri sudah terhitung ada 34 provinsi yang terdaftar, salah satunya adalah Provinsi Sumatera Utara atau sering dikenal dengan Sumut. Provinsi Sumut adalah daerah atau wilayah yang terletak di pulau Sumatera. 

Baca Juga: Mengenal Tradisional Provinsi Sumatera Utara Lebih Dalam dan lengkap

Pada setiap tahuannya, akan selalu ada update terbaru mengenai profil suatu provinsi, dengan tujuan untuk mengetahuai perkembangan seperti jumlah penduduknya berapa, lalu apakah ada pelebaran luas milayah atau penyempitan. 

Pada update-an terbaru ini akan dilaporan kepada pemerintah pusat, gunanya nanti sebagai pembaharuan data dalam penghitungan wilayah adminstrasi. 

Contohnya dalam jumlah penduduk akan mempengaruhi dalam DPT (Daftar Pemilihan Tetap) saat pemilu, juga digunakan sebagai data dalam penerimaan data seperti yang sedang berkembang saat ini adalah vaksin Covid-19, penyaluran Bansos, fasilitas BPJS, dan sebagainya. 

Ibu Kota Prov Sumatera Utara (Sumut)

medan malam hari

Ibu kota adalah suatu wilayah yang ditetap oleh negara dengan pandangan dalam pusat pertumbuhan ekonomi, lapangan pekerjaan, jumlah penduduk, yang menepati wilayah tersebut, pendapatan/UMR/UMK, dll. Sama saja dengan Ibu kota provinsi yang ditentukan berdasarkan tinggi pertumbuhan ekonomi, pusat pemerintahan, sisi pandang strategis perdagangan, dll. 

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Ibu Kota Sumatera Utara atau Sumut terletak di kota Medan. Medan sendiri merupakan salah satu kota paling tersohor di Indonesia dan termasuk dalam deretan 3 kota besar di Indonesia. Sumut sendiri adalah sebuah provinsi yang sudah ada sejak 7 Desember 1956 dan hal ini sudah diatur dalam UU No. 10/1948 dan UU No. 24/1956. 

Letak Geografis Prov. Sumatera Utara (Sumut)

peta provinsi sumatera utara hitam putih

Sebenarnya dalam segi geografis suatu provinsi di Indonesia sudah kita pelajari sejak kita menginjak bangku sekolahan. Namun, perlu kita ketahui dalam mengidentifikasi garis lintang wilayah tidak boleh keliru, garis lintang pulau sumatera adalah 0° 50° LS - 4° 40° LU - 96° 40° - 100° 50 BT dengan luas wilayah 72.981.23 km² (2011). 

Keterangan :

LS = Lintang Selatan

LU= Lintang Utara

BT= Bujur Timur


Wilayah Administrasi Sumut

Wilayah Administrasi adalah penyesuaian dalam penghitungan jumlah seperti jumlah kota/kabupaten, jumlah Kecamatan, jumlah kelurahan dan desa. Seperti yang sudah di release oleh pemerintah dalam penetapan jumlah kota/kabupaten sumatera utara adalah 25 dan 8 Kota, terdiri atas 414 Kecamatan, 662 Kelurahan dan 5.025 Desa. 

Suku dan Marga

Suku adalah sebutuan pada suatu kelompok atau golongan yang mencirikan pada kebiasaan tertentu dengan adat, budaya, dan tradisi mereka sendiri. Marga adalah nama sebutan pada sutau keluarga. Dalam bidang suku dan marga Sumatera Utara yang sudah berkembang sejak lama adalah Batak, Nias, Karo, Pakpak, Mandailing, Toba, Melayu, Simalungun, Minangkabau, Banjar, dan Jawa. 

Bahasa Daerah yang digunakan oleh Penduduk Sumatera Utara

Sebenarnya sama dengan daerah/provinsi lain yang memiliki bahasa daerah masing-masing, namun biasanya pada bahasa daerah tidak hanya satu yang digunakan, hal ini terkadang mengikuti perkembangan dari suku dan marga yang masuk pada provinsi tersebut. Dalam wilayah Sumut, Bahasa daerah yang biasanya digunakan ada Batak, Karo, Pakpak, Simalungun, Nias, Padang, Angkola, Lawas, Mandailing, Melayu, dan Jawa. 

Persentase Agama di Sumatera Utara

Secara garis besar dalam bidang agama dan keyakinan, Indonesia merupakan negara dengan penduduk bermayoritas Islam. Kalau dilihat dari perhitunagn secara persentase agama yang berkembang di Sumatera Utara adalah Islam (65,5%), Kristen Protestan/Katholik (31,4%), Buddha (2,8%), Hindu (0,2%). 

Identitas Daerah Sumut: Flora dan Fauna

Dalam bidang tumbuhan (Flora) yang paling terkenal di sana adalah Kembang Kenanga (dalam bahsa Jawa biasa disebut Kembang kenongo) dengan nama latin Cananga Odorata dan untuk Hewan (Fauna) yang terkenal adalah Bei Nias dengan nama latin Gacula Religiosa Robusta. Dalam daftar flora di Sumut ada: beringin, Bambu, Markisa, Rambutan, Durian, Mangga, dan Manggis. Kalau dalam segi Fauna-nya ada: Rusa, Monyet, Babi Hutan, Buaya, Kancil, dan Harimau. 

11 Suaka Alam di Sumatera Utara berserta Populasi dan ciri-cirinya

Suaka Alam adalah tempat dalam perlindungan suatu kawasan yang khas pada daerah itu sendiri. Di Provinsi Sumatera Utara contohnya, ada belasan suaka alam yang tersebar dengan berbagai jenis yang dipelihara atau dilindungi asetnya. 

1. Sikundur

- Populasi: Orang Utan, macan, babi hutan, rusa

2. Langkat selatan

- Populasi: Orang Utan, macan, babi hutan, rusa, gajah, monyet

3. Langkat Barat

- Populasi: orang utan, gajah, monyet, dan burung

4. Lalu debuk-debuk

- Ciri-ciri: sumber air panas yang mengandung belerang, beberapa fauna seperti ular sawah, musang, daging kera, kutilang, jalak, dan murai

5.Sibolangit

- Ciri-ciri: kebun botanis dengan floran asli khas daerah dataran rendah, pantai Sumatera Timur, seperti pohon lebah, pohon aqualaria, serta bunga raksasa. 

6. Dolok tinggi

- Ciri-ciri: Geologis (pengendapan formasi kapur dengan air panas)

7. Dolok sibual-buali

- Ciri-ciri: pinus merkusi, anggrek hutan, raflesia, orang utan, pelanduk, kijang, trenggiling, beruang mdu, landakm siamang, celepuk, poksai, jambul putih, julang

8. Dolok surungan

- Ciri-ciri: damar, meranti, dan fauna (harimau, gajah, rusa, ayam hutan dan perkutut)

9. Aek Liang

- Ciri-ciri: semak belukar, rotan, liana dan orang utan

10. Batu gajah

- Ciri-ciri: tusan, aren, bambu, pakis-pakisan, kutilang, tekukur, musang kera, babi hutan. 

11. Martelu Purba

- Ciri-ciri: rusa, babi hutan, kijang, kelelawar


6 Sumber Alam yang melimpah di Sumatera Utara

tambang di sumatera utara

Selain dengan banyaknya Suaka Alam yang terdapat pada provinsi tersebut, Sumut juga menghasilkan beberapa Sumber Alam yang sangat melimpah dari berbagai hasil bumi seperti industri, perikanan, pertanian, peternakan, perkebunan dan tambang. 

Untuk hasil tersebut secara lengkap telah dirangkum pada daftar Sumber Alam yang ada di Sumatera sebagai berikut: 

1. Hasil industri Sumut: pupuk, ban, bahan bangunan, pakaian jadi, sepatu, minyak sawit, besi, seng

2. Hasil perikanan Sumut: udang, ikan laut dan ikan tawar

3. Hasil pertanian Sumut: jagung, padi, kayu, ubi jalar, bunga, sayur, buah

4. Hasil peternakan Sumut: sapi, kerbau, kambing, ayam, babi

5. Hasil perkebunan Sumut: tembakau, karet, kelapa sawit, cokelat, teh, lada, kapuk

6. Hasil tambang Sumut: minyak dan gas alam


Dalam Bidang Objek Wisata

Indonesia merupakan salah satu negara dengan sebutan sebagai negara yang memiliki keindahan alamnya, tak heran apabila terdapat banyak objek wisata yang tersebar diberbagai provinsi di Indonesia. 

Termasuk di Sumatera Utara, provinsi ini juga memiliki objek wisata unggulan yang patut dikenalakan seperti: Istana maimun, bukit barisan, danau toba yang terkenal, taman wisata sikundur, pantai cermin, sibolangit, dan taman buaya. 

Bandara dan Pelabuan di Simatera Utara Paling Terkenal

Bandara

1. Aek Gondang

2. Gunung Sitoli

3. Pabatu Pinang Sori

4. Sibolga

5. Polania

6. Sipora

7. Siberut

8. Tanjung Balai Karimun


Pelabuhan

1. Belawan

2. Gunung Sitoli

3. Pangkalan Susu

4.  Sibolga

5. Tanjung Balai Asahan

6. Kuala Tanjung


Pahlawan Nasional dari Tanah Sumatera Utara Paling Terkenal 

tiga pahlawan dari sumatera utara

Pahlawan nasional adalah orang yang paling berjasa dalam menegakkan kembali dan berhasil mengusir penjajah kolonial dari bangsa ini. berikut daftar pahlawan nasional yang paling bersaja dari Sumatera Utara: 

  1. Sisingamangaraja XII, 
  2. Kyai Haji Zainal Arifin, 
  3. Tengku Amir hamzah. 

Makanan khas Sumut paling enak dan terkenel di Indonesia

Makanan khas adalah jenis makanan yang berasal dari daerah tertentu dengan keutaman terletak pada ciri, cara membuat dan bahan makanan yang digunakan. Makanan khas Sumatera utara adalah Saksang, babi panggang, pelleng, dengke naniarsik, pasituak natonggi atau uang beli nira.

Selain hal itu, dari segi pendidikan yang menjadi kebanggan dan terkenal dari Sumatera Utara adalah universitas Sumatera Utara (USU) dan IKIP Medan. Dismaping itu, setaip daerah pasti memiliki sebuah cerita yang menajdi keyakinan setiap warga daerah, entah itu mitos/mitologi ataupun secara nyata terjadi. Dalam hal cerita rakyat di Sumatera Utara, cerita yang paling popler dan gencar jadi kepercayaan masyarakat setempat adalah cerita Asal Muasal Pulau Sikantan, Si gurda Gurdi, dan lau Lawar. 

Oh iya, seberapa banyak kalian tahu dan hafal dengan nomor atau kode kendaran setiap daerah atau provinsi? Contohnya: jakarta (B), Jawa Tengah ada AD, H, dll. Kalau di sumatera utara apa hayo? Untuk nomor polisi atau nomor kendaran dari provinsi Sumut adalah (BK) ya. 


Penutup 

Itulah sedikit pembahasan mengenai Update Profil Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Terbaru. Dalam bidang profil suatu provinsi setaiap tahun akan berubah mengikuti update terbaru dalam perhitungannya ya dan setiap provinsi selalu berbeda-beda. Semoga untuk ulasan ini sedikit membantu pengetahuan kita semua. 


Posting Komentar untuk " Update Profil Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Terbaru"