Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Nama Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Gambarnya

Konten [Tampil]

Senjata Tradisional Jawa Barat ini mempunyai faedah buat menolong rutinitas sehari-harinya warga di tempat. Dapat untuk menebang, menggunting dan memotong. Menebang pohon yang selanjutnya kayunya dapat digunakan membuat dan bersihkan rumah atau bangunan lain.


Jaman dulu, alat perang tradisional Jawa Barat digunakan pasukan perang untuk menantang beberapa penjajah dari Belanda dan Jepang. Walau dengan mode yang jauh dari kekinian (klasik), toh senjata-senjata yang ada justru sukses menaklukkan beberapa penjajah. Merdeka!


Baca Juga: Senjata Tradisional Jawa Timur


Ada beberapa macam senjata tradisional Jawa Barat yang sampai sekarang ini tetap digunakan warga suku Sunda dalam hidupnya. Beberapa ada yang dipakai sebagai alat pelindung diri, fasilitas identitas, dan banyak juga yang berperan sebagai alat pertanian.


Riwayat dan Sejarah Singkat Senjata Khas Jawa Barat

Pada zaman dulu, senjata tradisional Jawa Barat dipakai beberapa pejuang untuk menantang beberapa penjajah dari Belanda dan Jepang. Meskipun dengan mode yang paling simpel (klasik), tapi senjata tradisional itu sukses menaklukkan beberapa penjajah.


Baca Juga: Tombak Trisula dan Keris Senjata Tradisional Sumatera Selatan


Di saat ini, zaman sudah berbeda, alat kekinian terus datang dengan argumen pengembangan dan efektivitas hidup. Muncul cemas, apa rakyat Indonesia sanggup jaga kelestarian senjata tradisional Jawa Barat ini untuk diturunkan ke angkatan seterusnya?


Sesungguhnya, banyak langkah yang dapat dilaksanakan untuk jaga kelestarian kebudayaan Indonesia agar tidak musnah ditelan periode. Diantaranya, yang Kami kerjakan ialah tuliskan dalam sebuah Website ini. Dengan demikian, banyak rakyat Indonesia di periode depan yang dapat mengenalinya, selanjutnya lahirlah rasa cinta untuk melestarikannya.


Nama dan Gambar Senjata Tradisional Jawa Barat

Beberapa senjata tradisional Jawa Barat yang dapat kita temui diantaranya : Kujang, Balincong, Patik, Bedog, Congkrang, Arit dan Sulimat. Ulasan satu per satu dengan detail kami kumpulkan dalam artikel kesempatan ini dengan topik Senjata Tradisional Jawa Barat Komplet, Dan Gambar Dan Penjelasannya. Selamat mengikut.


1. Kujang

senjata tradisional jawa barat
kujang (sumber)

Kujang ialah semacam senjata tikam dengan mode yang paling unik, memiliki ukuran seputar 20-25 cm. Senjata itu pada zaman dulu digunakan untuk alat jaga diri hingga biasanya dipakai sebagai aksesori baju untuk beberapa golongan pria.


Dari sejarahnya, kujang diprediksi pertama kalinya ada semenjak era kedelapan M, persisnya pada periode keemasan kerajaan Tarumanegara. Hingga saat ini, Kujang alami banyak perubahan. modifikasi mode yang dilaksanakan beberapa pengrajin.


Beberapa macam kujang Karena hal itu hingga melahirkan banyak macam wujud Kujang diantaranya : wujud burung ciung (kujang ciung), ayam jago (kujang jago), burung kuntul (kujang kuntul), bangkong atau kodok (kujang bangkong), ular naga (kujang naga), badak (kujang badak), dan kujang dengan wujud cukup kurus (kujang kudi).


2. Balincong

senjata tradisional jawa barat
balincong (sumber)

Senjata tradisional jawa barat ini sebuah alat yang kerap digunakan untuk mengeruk tanah atau merusak bebatuan. Berlainan dengan patik, Balincong memiliki 2 segi mata yang arah ketajamannya bersimpangan. Satu mata sejalan dengan gagang dan satu mata lainnya tegak lempeng dengan gagang.


3. Patik

senjata tradisional jawa barat
patik (sumber)

Patik sebagai senjata tradisional Jawa Barat yang digunakan untuk menebang dan memotong kayu. Patik dengan bahasa Indonesia memiliki arti kapak.


Pada zaman dulu senjata ini digunakan untuk buka rimba, cari kayu bakar, atau aktivitas berat yang lain. Sampai sekarang ini, patik masih biasa dipakai oleh warga Sunda khususnya yang tinggal di lingkungan perdesaan.



4. Bedog

senjata tradisional jawa barat
bedog (sumber)

Bedog ialah senjata tradisional Sunda yang berciri ciri khas cukup unik, yakni pada wujud ujung yang meliuk menuju mata (kontradiksi dari golok ciri khas Betawi). Bedog ialah bahasa Sunda dari senjata golok.


Bedog digunakan sebagai senjata multiguna. Kecuali sebagai alat pertahanan diri, senjata ini digunakan untuk rutinitas golongan pria saat bekerja di kebun, menyembelih hewan, atau alat memburu.



5. Congkrang

senjata tradisional jawa barat
congkrang (sumber)

Senjata tradisional Jawa Barat yang namanya Congkrang ini saat ini sudah sangat jarang atau susah diketemukan. Congkrang lebih berperan sebagai alat yang umum dipakai untuk menyiangi rumput kecil di kebun yang seperti cangkul mini.


Biasanya alat ini digunakan oleh golongan ibu saat menolong suaminya bekerja di area pertanian atau saat bersihkan halaman seputar tempat tinggalnya dari rumput-rumputan.



6. Arit

senjata tradisional jawa barat
arit (sumber)

Arit ialah senjata tradisional Jawa Barat yang sampai sekarang ini sering digunakan oleh warga Sunda, terutamanya beberapa peternak. Arit digunakan alat untuk cari rumput untuk hewan ternak karena lebih gampang dipakai dibandingkan senjata yang lain.


Di sejumlah daerah di Nusantara, diketemukan banyak senjata tradisional yang lain yang memiliki bentuk seperti arit, misalkan celurit ciri khas Madura, sabit ciri khas Betawi, dan lain-lain.


7. Sulimat

senjata tradisional jawa barat
sulimat (sumber)

Senjata ini berupa sebilah pisau runcing yang ditancapkan ke tanah. Sisi mata yang runcing digunakan beberapa petani untuk kupas kulit kelapa. Penggunaan alat ini memungkinkannya pekerjaan kupas kelapa jadi lebih cepat usai.


Antara beberapa macam senjata tradisi Jawa Barat, Sulimat kemungkinan jadi senjata yang terlangka atau susah diketemukan di saat ini.


Penutup

Begitu ulasan berkenaan Senjata Tradisional Jawa Barat Komplet, Dan Gambar Dan Penjelasannya. Mudah-mudahan berikan motivasi Anda untuk melestarikan budaya Negeri sendiri terutamanya senjata tradisional.


Posting Komentar untuk "7 Nama Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Gambarnya"