Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Warisan Budaya Jawa yang Paling Terkenal di Indonesia

Konten [Tampil]
Sudah bukan rahasia lagi kalau indonesia merupakan suatu negara dengan kebudayaan yang melimpah, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pulau dan suku yang mendiami negara ini. Kebudayaan seakan menjadi sebuah momok penting dalam membangun paradigma manusia yang berdaulat. Dengan tersebarnya berbagai kebudayaan, menjadikan negara ini sebagai salah satu negara dengan budaya terbanyak di dunia. 

Dalam hal ini, seperti yang akan kita bahas, kalau berbicara mengenai kebudayaan jawa pasti tidak ada habisnya, salah satu suku terbesar di Indonesia ini memiliki mayoritas yang cukup tinggi. Kebudayaan Jawa sendiri sudah ada sejak lama di Nusantara sebagai suku yang bisa dibilang paling terkenal. Suku Jawa sendiri dapat di kenali dengan mudah dari bahasa, adat istiadat, kepercayaan, dan unggah-ungguh atau sopan-santunnya. 


Kebudayaan jawa sendiri tidak hanya mendiami pulau jawa saja, melainkan juga tersebar di seluruh indonesia dengan masuknya suku jawa di berbagai provinsi di nusantara. Seperti suku jawa di Kalimantan, sumatera, sulawesi, dan beberapa provinsi lainnya. 

Warisan Budaya Indonesia


Dikarenakan menyandang sebagai suku yang besar, Jawa memiliki kebudayaan yang besar pula. Maka dari itu, mari kita simak 5 Warisan budaya Jawa yang Paling terkenal di Indonesia.

Bahasa Daerah yang Digunakan 

Bahasa jawa sudah cukup terkenal di Indonesia, hal ini dikarenakan banykanya warga penduduk jawa yang merantau di daerah lain dan masih membawa bahasa daerahnya. Dalam penerapan sehari-hari masyarakat jawa sendiri lebih memilih bahasa jawa dalam berbicara dan ngobrol sehari-hari, timbang menggunakan bahasa Indonesia. 
gambar huruf jawa
bahasa dan huruf jawa (sumber)

Selain dikenal dengan warganya yang ramah dan sopan, penggunaan bahasa Jawa sebagai juga tidak boleh sembarangan, karena bahasa jawa digunakan juga sebagai percakapan dalam melihat lawan bicaranya. 

Menurut jenisnya, bahasa jawa dibedakan menjadi 4 tingkatan, yaitu Ngoko Lugu, Ngoko Alus, Kromo Lugu, Kromo Inggil. Maka dari itu sering kita dengan kalau ada orang jawa namun tidak tahu atau tidak mnegerti dalam penerapnnya ada kata “wong jowo ora jawani”. Artinya orang jawa kok tidak mencerminkan darah jawa. 

Agama dan kepercayaan 

Jawa dikenal masih sangat kental dengan kepercayaan yang dianut, hal ini sebagai lambang untuk menghormati warisan nenek moyang yang masih turun-temurun hingga saat ini. 

acara tumpeng nasi kuning
kepercayaan orang jawa (sumber)

Budaya Jawa satu ini memang masih terkenal di Indonesia, bukan hanya warga daerah saja, namun masyarakat seluruh Indoensia tahu akan hal ini. kepercaan jawa yang paling terkenal di sebut dengan kepercayaan kejawen, yaitu kepercayaan yang melambangkan darah jawa dengan mengikuti budaya nenek moyang jawa pada zaman dulu, contohnya selametan, bancak’an, Kondangan, memperingati hal tertentu, dan mereka mempercayai hal tersebut apabila tidak dilakasanakan pamali atau tidak elok.

Kejawen sendiri bukan suatu agama, malainkan suatu kepercayaan orang jawa dalam melaksanaan kegiatan tertentu. Kepercayaan ini masih sangat kental dan terkenal di Indonesia sampai sekarang, khususnya di suatu daerah atau desa-desa di Jawa khususnya. 

Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat membuat kepercayaan ini seakan memudar dan tidak sedikit pulan orang mulai meninggalkan kebudayaan jawa yang sudah lama menjadi idnetitas daerah, terutama oleh anak muda. 

Kesenian dan Budaya

Kesenian adalah suatu kegiatan dalam yang dilakukan dalam memperingati hal tertentu atau sebagai tujuan untuk hiburan. Dalam bidang kesenian di Jawa yang paling terkenal adalah seni wayang dan gamelan. 

dalan dan wayang
dalang dan wayang (sumber)

Wayang merupakan sebuah kesenian yang saat ini digunakan oleh masyarakat sebagai acara hiburan, namun berbeda pada zaman dulu, kalau zaman dulu Kanjeng Sunana Kalijga menggunakan wayang sebagai media dalam penyebaran agama islam di Indonesia dan gamelan sendiri merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi acara dalam pewayangan itu sendiri. 

Kesenian jawa memang identik dengan hal yang berbau sakral dan mistis pada umunya, namun tidak terlalu terpaku pada hal itu. 

Pepatah Jawa

Pepatah merupakan sebuah perkataan yang banyak mengandung makna, terutama dalam menjalani kehidupan. Pepatah jawa sangat terkenal di kalangan masyarakat, walaupun hanya sebagain kecil saja, dikarenakan hal ini tidak terlalu menyebarlu di luar jawa, jadi kemungkinan besar hanya masyarakat jawa itu sendiri yang memahami isi dari pepatah jawa. 

gambar pepatah jawa
pepatah orang jawa (sumber)

Namun, dalam kandungan pepatah jawa yang dituliskan memiliki sebuah nilai filosofi hidup yang tinggi apabila diresapi dalam-dalam. Dalam pepatah jawa biasanya berisikan tuntunan, perilaku hidup, agama, dan keharmonisan. 

Contoh Pepatah Jawa Paling Terkenal dan Artinya

  • Alon-Alon Waton Kelakon: Pelan-Pelan Asal Berhasil
  • Adigang,Adigung,Adiguno: Mengedepankan kekuatan, kedudukan, dan kepandaian
  • Anak Polah Bapak Keradah: anak yang bandel membuat orang tua sengsara
  • Becik Ketitik ala Ketara: perbuatan baik atau buruk nantinya akan terungkap juga

Hitungan Jawa

Dalam melangkah atau melakukan sesuatu seperti nikahan, membangun rumah, atau akan mengadakan acara tertentu dalam ranah jawa harus dihitung terlebih dahulu untuk menentukan hari, tanggal dan waktu yang tepat, hal ini dipercayai agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. 

hitungan kelender jawa
hitungan jawa (sumber)

Hitungan jawa memang sangat mendarah daging bagi masyarakat jawa. Kita pasti sering melihat atau mendengar ketika ada sepasang kekasih yang akan melangsungkan pernikahan maka akan dihitung terlebih dahulu seperti weton, anak keberapa, pasarannya apa dan sebagainnya. 

Hal ini digunakan dalam menentukan kecocokan pasangan tersebut. Yang masih menjadi pantangan sampai sekarang adalah pernikahan yang dilakukan oleh anak nomor satu dengan anak nomor tiga, apabila tetap dilangsungkan akan menimbulkan celaka, tidak seketika itu, namun saat beberapa tahun menjalin keluarga. 

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai 5 Warisan budaya Jawa yang Paling terkenal di Indonesia. Selain untuk pembelajan, informasi diatas sebagai pedoman dalam kelangsungan hidup, tertama pada poin pepatah jawa. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita dapat mengambil sisi positifnya. 

Posting Komentar untuk "5 Warisan Budaya Jawa yang Paling Terkenal di Indonesia"