Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Rumah Adat Jawa Timur dan Keunikannya

Konten [Tampil]

Jawa Timur sebagai propinsi paling timur di Pulau Jawa. Ibu Kotanya yaitu Surabaya serta punyai warga paling banyak ke-2 sesudah Jawa Barat. Nach, seperti wilayah yang lain di Indonesia, Jawa Timur pula punyai adat, budaya, serta ciri-khas tertentu. Satu diantaranya terdapat di rumah adatnya.

contoh Rumah Adat Jawa Timur mirip joglo
rumah adat jawa timur mirip joglo (Sumber)

Wujud serta kreasi rumah adat Jawa Timur dikontrol oleh suku-suku yang menduduki wilayah ini. seperti suku Madura, Tengger, Osing namun juga Bawean. Nach, dari sebegitu banyak rumah adat yang berada di Jawa Timur, satu yang terpopuler yaitu Joglo.

Baca Juga: Macam Baju Adat Jawa Timur yang Unik

Ya, benar-benar hampir mirip dengan rumah adat Jawa tengah atau Yogyakarta. Tetapi, sesungguhnya ada sejumlah ketidakcocokan fundamental di antara rumah Joglo dari daerah-daerah sama yang berada di Jawa Timur.


Apa Keunikan Rumah Adat Jawa Timur?

rumah adat jawa timur mirip joglo
keunikan rumah adat jawa timur (Sumber)

Dalam setiap bangunan rumah adat di masing-masing provinsi pasti berbeda-beda, entah itu dari segi bentuk, ornamen, besar-kecilnya, menurut tujuan dan fungsinya, hingga pada bahan yang digunakan. 

Dalam rumah adat Jawa Timur Joglo bisa dikatakan mirip dengan Rumah Joglo di Jawa Tengah, keunikan rumah adat jawa timur ini ditandai dengan bahan yang digunakan yaitu khusus kayu jati. menurut orang dulu, kayu jati memiliki filosofi yaitu dalam keadaan apapun, entah buruk atau baik, pasti ada jalan yang cerah.


Jenis Rumah Adat Jawa Timur

Untuk mengenalinya, silakan bicarakan pada pembahasan di bawah berkaitan rumah Joglo serta rumah adat Jawa Timur yang lain:


Rumah Adat Joglo

rumah adat jawa timur joglo
rumah adat jaw timur joglo (Sumber)

Apabila disaksikan sepintas, wujud dari rumah Joglo Jawa Timur ini serupa dengan rumah adat Jawa tengah. Namun, lebih spesifiknya, rumah adat Jawa Timur dikatakan dengan rumah Joglo Situbondo. Rumah ini punyai wujud limas atau dara gepak, antiknya, rumah ini dibikin dari material kayu jati sebagai bahan dasar bangunannya.


Rumah Joglo Situbondo mengisyaratkan keyakinan Kejawen dari orang Jawa yang berdasarkan pada sinkritisme. Atur ruangan dari rumah Joglo menyimbolkan keserasian di antara manusia dengan sama-sama serta manusia dengan alam seputar.


Dimulai dengan fondasi, jumlah saka guru (tiang utama), bebatur (tanah yang diratakan serta lebih tinggi dibanding dengan tanah sekitarnya), dan ornament yang membuat rumah Joglo menggambarkan personalitas dari orang Jawa Timur. Ada 4 saka guru yang berperan sebagai penahan atap yang berupa brunjung.


Semasing saka ditunjang oleh umpak yang memanfaatkan metode purus. Sebagai stabilisatir, rumah adat ini memanfaatkan blandar, pengeret, sunduk, serta kilik. Saat sebelum masuk ruangan khusus dari rumah Joglo Situbondo ini, ada makara atau selur gelung (pintu dengan hiasan). Hiasan ini berperan sebagai pengusir hal negatif dalam rumah menurut keyakinan orang.


Ada dua tempat yang lengkapi rumah Joglo Situbondo ini, yakni pendopo untuk terima tamu, serta ruangan belakang sebagai ruang tidur serta dapur. 3 sisi dalam rumah Joglo Situbondo mencakup senthong tengen (kamar kanan) untuk dapur serta gudang, senthong kiwa (kamar kiri) untuk ruang tidur, serta senthong tengah (kamar tengah) sebagai tempat simpan barang memiliki nilai seperti benda pusaka serta emas.


Rumah Adat Using

rumah adat jawa timur using (sumber)

Rumah Adat Jawa Timur Using berawal dari Kabupaten Banyuwangi, yakni sisi paling timur Pulau Jawa yang bersebelahan dengan Selat Bali. Apabila Anda menjenguk Dusun Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, jadi suatu perdesaan dengan beberapa rumah tradisionil bakal terbentang di muka mata. Anda bisa merasai keadaan Banyuwangi tempo dahulu.


Ada tiga macam rumah adat Using yakni Tikel Balung, Baresan, serta Crocogan. Ke-3 nya dapat diperbedakan menurut dengan jumlah bagian atap atau rab-nya. pada rumah adat Tikel Balung, bagian penutup atapnya beberapa empat buah, pada Baresan ada tiga rab, serta Crocogan punyai dua rab saja.


Dan pembagian tempat tinggalnya persis sama yakni terbagi dalam 4 ruangan mencakup hek atau baleh, ampet, jerumah, serta pawon. Ampet yaitu sisi teras untuk terima tamu, hek atau baleh yaitu penyekat ruang terbuka serta ruangan privacy, jerumah yaitu ruangan tengah, dan pawon yaitu dapur.


Rumah Adat Suku Tengger

rumah adat suku tengger jawa timur
Rumah adat suku tengger jawa timur (sumber)

Rumah adat Jawa Timur yang sesudah itu dari suku Tengger. Rumah ini dibuat oleh orang suku Tengger yang berada di lereng Gunung Bromo, Ranupane, Lumajang, Jawa Timur. Ciri-khas dari rumah ini yaitu tidak bertingkat serta bukan semacam rumah pentas.


Susunan tempat tinggalnya tersusun atas papan atau tangkai kayu. Pada bubungan atap tinggi sekali hingga berkesan curam. Jumlah jendela pada rumah ini sejumlah satu atau dua saja. Pada sisi depan rumah ada bale-bale untuk tempat duduk. Mempunyai bentuk seperti dipan.


Rumah adat Jawa Timur ini punyai skema yang tidak teratur serta diatur secara berkerumun, bersisihan keduanya, namun juga dipisah oleh lajur orang berjalan kaki yang sempit. Gunanya untuk menangkis gempuran angin serta cuaca dingin yang menyerang. Skema ini mengakibatkan angin tidak bisa terjang rumah sebab terhambat terdapatnya kelompok rumah.


Rumah Adat Limasan Trajumas Gurauan

Rumah Adat Limasan Trajumas Gurauan jawa timur
Rumah Adat Limasan Trajumas Gurauan jawa timur (sumber)

Wujud rumah adat ini yaitu perubahan dari style rumah Limasan Trajumas dengan tambahan emperan di sekitar bangunan. Kemiringan dari emper ini berlainan dengan atap utamanya. Ada tiang pada sisi tengah hingga terjadi dua rong-rongan pada sisi ruangan dalam.


Atap dari rumah ini terbagi atas empat segi yang semasing bersusun dua. Rumah ini punya 20 tiang sebagai susunan khusus hingga bangunan bakal nampak simetris. Material bahan bangunan sebagian besar dari kayu serat kuat hingga bisa terima tipe pencet serta tipe atrik. Kayu yang umum dipakai yaitu jati, glugu, sonokeling, nangka, serta macam yang lain.


Rumah Adat Dhurung

rumah adat jawa timur
rumah adat dhurung khas jawa timur (sumber)

Rumah Adat Dhurung Rumah yang ini berupa gubuk, dindingnya tidak diperlengkapi dengan bambu atau kayu. Pada sisi atap rumah dibikin dari rumbai daun pohan. Dalam Bahasa Bawean, daun pohan ini dikatakan dengan dheun. Rumah adat Jawa Timur Dhurung dipakai sebagai tempat istirahat sesudah bekerja di sawah serta kebun.


Dhurung pula dipakai untuk tempat berbaur dengan orang. Juga, pula dipakai untuk cari jodoh. Dhurung dimasukkan pada samping atau depan rumah. ukuran sendiri dapat besar serta kecil. Untuk ukuran yang besar lebih multi kegunaan sebab bisa dipakai untuk lumbung padi.


Dhurung punya nilai seni ukir yang bagus. Rumah ini diperlengkapi dengan jhelepang atau perangkap tikus penganggu tanaman padi. Tetapi, Anda bakal jarang-jarang mendapati rumah ini di Jawa Timur.


Rumah Adat Joglo Jompongan serta Sinom

rumah adat jawa timur
Rumah Adat Joglo Jompongan serta Sinom (sumber)

Rumah adat Jawa Timur ini sebagai macam dari rumah Joglo. Joglo Jompongan memanfaatkan dua buah pengerat serta berdenah bujur sangkar. Rumah ini dapat di katakan sebagai dasar dari rumah Joglo.


Dan rumah Joglo Sinom punyai banyak tiang yakni 36 buah. 4 antara lain yaitu saka guru atau tiang khusus. Wujud bangunan rumah Joglo Sinom ikuti perubahan dari macam rumah Joglo lain yakni pada tiap-tiap seginya ada teras.


Rumah Adat Limasan Ikon Sari

rumah adat jawa timur
rumah adat limsan ikon sari (sumber)

Rumah Adat Limasan Ikon Sari punya ciri-ciri yang unik dibanding dengan style Limasan yang lainnya. Letak keunikannya terdapat di konstruksi pembentuk atap yang berupa balok mediator. Tiang rumah ini sejumlah 16 buah dengan atap sejumlah 4 segi. bangunan ini punya satu bubungan yang mempertautkan 4 segi atap itu.


Materialnya dari kayu keras serta kuat. Fondasinya sendiri berupa umpak dengan purus pada sisi tengah tiang bawah. Gunanya untuk menutup tiang atau kolom.


Penutup

Begitu beberapa Jenis dan Contoh Rumah Adat Jawa Timur. Mudah-mudahan memperbanyak pengetahuan serta pemahaman berkaitan kekayaan peninggalan budaya serta adat istiadat negara tersayang ini.


Posting Komentar untuk "7 Contoh Rumah Adat Jawa Timur dan Keunikannya"