Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Baju Adat Sunda yang Terkenal Unik

Konten [Tampil]

Sunda jadi suku sebagian besar di provinsi Jawa Barat yang dalam kesehariannya masih menggenggam tegar ketentuan adat yang telah diturunkan secara turun-temurun seperti diantaranya baju adat Sunda. 

3 orang menggunakan baju adat sunda
Baju Adat Sunda (sumber)

Di kebudayaan suku Sunda, ketentuan saat menggunakan baju adat masih dipertahankan walau yang menggunakannya telah tak lagi tinggal di Jawa Barat. 

Ketentuan itu didasari dari kelas atau strata sosial warga yaitu jelata, menengah dan bangsawan. Disamping itu, ada pula baju adat khusus yang digunakan pada acara sah dan pernikahan. Agar lebih terang, berikut akan kami beri daftar nama pakaian adat Sunda secara lengkap yang merupakan pakaian adat jawa barat paling terkenal.

Jenis Pakaian Adat Sunda

berdasarkan nama dan jenisnya, baju adat sunda dibedakan menjadi 7 jenis, berikut untuk daftar nama dan fungsinya masing-masing:

1. Baju Adat Sunda Rakyat Jelata

Baju adat Sunda yang pertama ialah baju untuk rakyat jelata. Untuk baju pria terbagi dalam celana komprang, pakaian salontreng dan ikat logen sebagai penutup kepala. Celana komprang sebagai celana dengan panjang sampai betis yang diperlengkapi dengan kain ikat atau kulit. Sementara pakaian salontreng ialah baju atasan dengan mode jahitan yang simpel digabungkan dengan sarung poleng yang dikenai bersilang dalam tubuh. Peralatan paling akhir yang dipakai beberapa pria Sunda ialah sandal tarumpah atau sandal kayu sebagai alas kakinya.


Baca Juga: Baju Adat Jawa Timur yang Unik


Untuk baju wanita Sunda terbagi dalam sinjang bunjel, beubeur atau ikat pinggang, kamisol, kebaya Sunda tradisionil dan selendang. Sinjang bunjel sebagai kain batik panjang yang digunakan sebagai bawahan. Sedang kamisol dipakai sebagai baju dalam atau bra. Dandanan yang umumnya digunakan beberapa wanita Sunda rakyat jelata ialah dukung bun atau bun kecil yang dikenai di atas kepala.


Aksesori yang dikenai juga simpel yang terbagi dalam gelang akar bahar, cincin polos yang diberi nama ali meneng dan pelenis suweng yaitu anting anting dengan wujud bundar kancing. Sedang untuk alas kaki yang digunakan ialah sandal capit sama seperti yang kerap kita saksikan pada figur Sang Kabayan dan Nyi Iteng.


2. Baju Adat Sunda Golongan Menengah

Nama baju adat Bandung, Jawa Barat selanjutnya ialah baju adat Sunda golongan menengah. Kelompok golongan menengah mempunyai kekayaan namun tidak mempunyai darah bangsawan. Orang orang yang terhitung kaun menengah ialah beberapa saudagar dan pedagang. Untuk pria, kelengkapan baju terbagi dalam pakaian bedahan putih dengan kancing lempeng di tengah-tengah atau disebutkan dengan jas takwa, bawahan kain batik, terompah, beubeur dan ikat kepala. Sedang aksesori yang digunakan ialah jam tangan emas berantai yang digantungkan di bagian saku pakaian.


Sedangkan untuk beberapa wanita menggunakan atasan kebaya yang warna komplet dengan bawahan berbentuk kain batuk, beubeur, selendang dan selop atau disebutkan dengan kelom geulis. Wana baju yang dipakai wanita golongan menengah pun tidak mempunyai ketentuan tertentu hingga semua warna dapat dipakai.


Baju akan diperlengkapi dengan bermacam perhiasan seperti kalung, anting, gelang dan cincin yang dibuat dari emas atau perak. Pada masa kini, baju adat golongan menengah ini yang tersering dipakai dalam bermacam acara termasuk pada aparatur pemerintahan yang sedang tidak mendatangi sebuah acara sah.


3. Baju Adat Sunda untuk Bangsawan

foto baju adat sunda untuk bangsawan zaman dulu
baju adat sunda untuk bagsawan (sumber)

Baju adat Sunda untuk bangsawan umumnya menggunakan warna hitam yang dihias dengan sulaman dari benang emas. Kain yang digunakan ialah kain beludru dan ketentuan langkah kenakan pakaian ini cuman berlaku untuk beberapa bangsawan dari keluarga keraton saja.


Baca Juga: Baju Adat Papua Barat untuk Pria yang Terkenal Unik


Untuk pria, baju adat terbagi dalam jas tutup hitam beludru komplet dengan sulaman emas di bagian tepi dan ujung lengan. Sedang untuk bawahan menggunakan celana panjang dengan pola yang serupa. Kain dodot nanti akan dililitkan di bagian pinggang sampai hanya lutut yang bermotif rengreng parang hancur.


Kelengkapan yang lain dikenai beberapa pria Sunda ialah benten atau sabuk emas, bendo atau penutup kepala dan selop hitam yang dipakai sebagai alas kaki.


Untuk beberapa wanita bangsawan menggunakan kain beludru hitam yang dipakai sebagai kebaya komplet dengan hiasan sulaman emas. Untuk bawahan menggunakan kain batik memiliki motif rengreng komplet dengan alas kaki yang dibuat berbahan beludru warna hitam dihias dengan sulaman manik manik. Perhiasan pendamping yang lain dipakai ialah tusuk konde, kalung, gelang keroncong, cincin, anting anting, bros dan peniti rantai yang semua dibuat dari emas bertahtakan berlian.


4. Baju Pengantin Adat Sunda

sepasang mempelai memegang buku nikah
baju adat sunda untuk pernikahan (sumber)

Ada tiga tipe baju adat Sunda untuk pernikahan berdasar adat Sunda yaitu tata baju pengantin putri, tata baju pengantin singer dan tata baju pengantin Sukapura. Hal yang membandingkan ke-3 tipe baju adat pernikahan ini ialah dari derain baju dan dandanan yang digunakan. Hal yang paling dapat kelihatan secara sepintas ialah wujud konde, detil hiasan yang ada di baju dan aksesori yang dipakai.


5. Baju Adat Sunda Acara Formal

Baju adat Sunda untuk acara sah sebenarnya nyaris sama dengan baju adat golongan bangsawan. Sementara untuk warna tidak menggunakan warna putih tetapi warna warna yang condong gelap. Untuk bawahannya menggunakan celana panjang dengan warna yang seirama dengan pakaian atasan diperlengkapi dengan kain samping pada bagian pinggang, bendo untuk kepala dan selop sebagai alas kaki. Jam rantai warna emas masih tetap kerap jadi aksesori tambahan pada baju adat untuk pria.


Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Tengah Untuk Acara Resmi


Untuk beberapa wanita menggunakan pakaian kebaya warna polos yang dihias dengan sulaman dan kain bebat untuk bawahan. Peralatan yang lain dipakai beberapa wanita ialah beubeur, kamisol untuk baju dalam, karembong atau selendang dan selop dengan warna yang seirama seperti warna kebaya yang dipakai.


Untuk perhiasan, baju umumnya akan diperlengkapi dengan perhiasan dari emas bertahta berlian yang umum dikenai pada gelaran penyeleksian jejaka dan mojang. Style baju baju adat Sunda ini telah ambil ide dari mode saat ini terutamanya golongan menengah untuk wanita dan untuk pengantin.


6. Pakaian Bedahan dan Kebaya Sunda

Pakaian bedahan dan kebaya sebagai baju adat Sunda selanjutnya yang umum dikenai oleh golongan menengah secara strata sosialnya. Ketidaksamaan penampilan baju adat ini benar-benar kelihatan kontras bila diperbandingkan dengan baju rakyat jelata karena kelihatan benar-benar rapi serta lebih berwibawa.


Baju adat Jawa Barat tipe ini biasanya dikenai warga kelompok menengah yang mempunyai pekerjaan sebagai pedagang, pebisnis atau saudagar. Untuk pria umumnya menggunakan baju warna putih tipe jas yang mempunyai nama pakaian bedahan bersatu dengan kain kebat yang disarungkan, sauk dan ikat kepala atau disebutkan dengan bengker.


Baca Juga: Keunikan Pakaian Adat Minangkabau Limpapeh Rumah Nan Gadang


Beberapa orang kelompok saudagar biasanya kenakan jam tangan komplet dengan rantai warna keemasan yang bakal digantung pada kantong atau saku baju sebagai tambahan aksesorisnya sekalian jadi pembanding dengan baju yang dipakai warga biasa.


Sementara untuk wanita umumnya akan menggunakan atasan berbentuk kebaya Sunda tradisionil dengan warna yang bermacam digabungkan dengan kain kebat sebagai rok bawahan dan sanggul kepala. Ikat pinggang dan selendang warna dikenai komplet dengan alas kaki berbentuk sandal kelom geulis yang kita mengenal dengan panggilan selop. Untuk aksesori tambahan yang lain dipakai ialah anting anting, kaling, cincin emas atau perak dan gelang.


7. Beskap Khas Sunda

Pada umumnya, sebenarnya tidak ada identitas atau nama khusus untuk satu setelan baju adat Sunda ini. Tetapi umumnya nama yang digunakan cuman mengarah pada nama unit baju seperti diantaranya beskap. Beskap ialah semacam baju sah untuk beberapa pria yang umumnya cuman dipakai pada acara sah atau penting.


Ciri-ciri Beskap Khas Sunda mempunyai struktur yang tebal, kerah pakaian yang tidak berlipat dan warna yang bermacam tetapi biasanya memiliki warna gelap dan polos.


Penutup

Demikianlah informasi mengenai 7 Jenis Baju Adat Sunda yang Terkenal Unik. semoga dapat menambah pengatahuan tentang budaya dan adat di Indonesia. 

Posting Komentar untuk "7 Jenis Baju Adat Sunda yang Terkenal Unik"