Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangga! 7 Jenis Budaya Indonesia yang dikenal Sampai Luar Negeri

Konten [Tampil]

Budaya indonesia merupakan salah satu budaya paling terkenal, selain hal ini juga didukung oleh faktor banyaknya senibudaya yang terdapat pada setiap provinsi di Indonesia. Budaya Indonesia sendiri saat ini mulai di kenal sampai Luar Negeri, dikarenakan keindahan dan keunikan yang ditampilkan. 

Jenis Budaya Indonesia yang dikenal sampai ke Luar Negeri 

1. Tari Pendet

tari tradisional bali
Tari Pendet (Sumber)

Tari Pendet menjadi salah satu jenis budaya yang merambah dan bahkan dikenal samapi dunia luar. Jenis tarian ini berasal dari Bali, yang mana merupakan sebuah pulau yang terkenal dengan keelokan wisata pantainya. 

Baca Juga: Keunikan 7 Tari Tradisionil Sumatera Barat Paling Populer

Dalam peragaan tarian ini diperankan oleh wanita dengan tujuan pada saat sebagai pemuja atau penyembah. Namun dengan seiring perkembangan zaman, Tari Pendet dikategorikan sebagai tari dalam rangka menyambut tamu. Hingga pada akhirnya, jeni budaya indonesia ini mulai terdengar sampai luar negeri. 

2. Tari kecak

tari tradisional bali
Tari kecak dari Bali (Sumber)

Budaya Adat Bali yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di mata masyarakat Indonesia. Jenis tari yang terkenel dengan terikan “cak cak ke cak” seakan menjadi jenis Budaya Indonesia yang mudah dikenali. Selain itu, bali sendiri sudah menjadi ekowisata oleh para turis dan menjadi tujuan dalam berlibur, sehingga mereka dapat melihat budaya khas Indonesia ini secara langsung. Tidak menutup kemungkinan, meraka akan terkesan dan terhibur. 

Pada dasarnya, Tari kecak merupakan jenis Budaya Indonesia yang sudah lama dikenal oleh kalangan turi sebagai hiburan tambahan ketika merka berkunjung ke Bali. 

3. Wayang Kulit

pertunjukan Wayang Kulit
Pertunjukan Wayang Kulit (Sumber)

Budaya Indonesia yang terkenal di sampai Luar Negeri adalah wayang. Wayang sendiri merupakan kesenian yang dulu digunakan sebagai media dalam penyebaran agama Islam di Indoensia. Dalam perkembangannya, wayang mulai digunakan oelh masyarakat sebagai hiburan istimewa, dan kalau di pernikahan Desa/Kampung biasanya di barengi dengan acara pernikahan. 

Wayang sendiri merupakan jenis budaya dalam properti yang digunakan dari bahan dsar kulit hewan, biasanya sapi ataupun kambing. Saking terkenalnya, wayang sudah mulai merambah ke luar negeri, bahkan dari mereka ( orang luar ) yang tertarik untuk belajar jenis budaya ini. 

Dalam melakukan pagelarannya, wayang dimainkan oleh orang yang bernama “Dalang” dan sebagai pelengkap alat musik yang dignuakan adalah “Gamelan”’ 

Tidak hanya istimewa, kita sebagai warga Indonesia juag harus bangga. Kenapa? Tepatnya pada tahun 2003, Seni Wayang Kulit ditetapkan sebagai warisan asli Budaya Indonesia oleh UNESCO. 

UNESCO adalah badan kusus PBB ( Persatuan Bangsa-Bangsa ) yang dibentuk sebagai tujuan untuk menangani perihal Pendidikan, Bidang Keilmuan, serta Kebudayaan. Luar Biasa bukan?!

4. Tari Barong

tari tradisional dari bali
Tari Barong dari Bali (Sumber)

Masih dalam seputar lingkup Bali, tari yang satu ini dikenal hingga Luar Negeri karena keunikannya. Tari Barong sendiri dikategorikan sebagai tari tradisional asli Bali, yang mana dalam sejarahnya tarian ini sudah terbentuk sejak zaman Hindu. Dalam tujuannya, pagelaran tari Barong menggambarkan sebuah pertarungan, pertarungan ini melipuran aliran buruk dengan aliran baik yang disimbolkan dengan Barong (Baik) dan Rangda (Jahat). 

5. Keris Pusaka

motif keris pusaka
Motif Keris Pusaka (Sumber)

Keris Pusaka merupakan senjata tradisional asli Indonesia yang sudah turun-temurun diwariskan sebagai warisan budaya. Keris pusaka ini juga di patenkan oleh UNESCO sebagai warisan asli indonesia, tepatnya pada 2005. 

Pada zaman dulu, keris pusaka digunakan sebagai senjata oleh orang-orang kerajaan untuk perang. Keunikaan keris pusaka adalah pada cara membuatnya dan dari bentuknya itu sendiri. Menurut jenisnya, keris pusaka Jawa dibedakan menjadi 9, yaitu keris pusaka jawa, keris pusaka majapahit, keris pusaka keturunan, melayu, keris pusaka sang megatantra, keris pusaka kecil, keraton solo, keris pusaka banten, keris pusaka bugis. 

Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan keris pusaka saat ini sebagai pelengkap dalam acara tertentu, seperti pernikahan, upacara, dan acar adat daerah. 

6. Tari Saman dari Aceh

pertunjukan Tari Saman dari Aceh
Pertunjukan Tari Saman (Sumber)

Kebanggan jenis budaya Indonesia yang terkenal hingga ke Luar Negeri berikutnya adalah tari Saman. Tarian ini berasal dari Provinsi Aceh yang terletak di pulau Sumatera

Menurut sejarahnya, Tari Saman sendiri diciptakan oleh Syekh Saman, yaitu orang yang yang berasal dari suku Gayo. Alasan terkenalnya tarian ini dikarenakan keunikannya dan pemerannya. Dalam keunikan tari saman yang disajikan adalah terdapat jumlah penari yang mana mayoritas adalah perempuan dan gerakan yang dipertontonkan sangat indah. Maka dari itu, wajar bial tari saman terkenal samapi ke luar negeri. 

7. Pakaian Batik

Pak presiden menggunakan Baju Batik
Presiden Menggunakan Baju Batik (Sumber)

Batik merupakan warisan asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu. Batik sering digunakan dalam acara resmi seperti pakaian tradisional jawa lainnya. Penggunaan batik tidak ada peraturan khsusu sebenarnya, baju batik bisa digunakan oleh siapa saja dan dari kalangan mana saja. 

Seperti contoh dalam kunjungan Luar Negeri yang dilakukan oleh presiden atau dalam rangka penyambutan tamu dari luar negeri, Bapak Presiden sering menggunakan pakaian batik, selain dipandang lebih elegan juga untuk memperkenalkan batik ke masyarakat Luar Negeri. 

Batik pada umunya yang paling terkenal adalah batik Solo dan Batik pekalongan. Menurut proses pembuatannya, batik di buat menggunakan bahan dasar lilin, ada batik tulis (manual) dan batik cap (menggunakan alat yang sudah memiliki motif batik). 

Pada saat ini, batik sendiri seakan mulai merambah ke dunia luar, karena sering digunakan oleh petinggi-petinggi negara. Kita sebagai pemiliki asli patut bangga terdapap keragaman budaya yang saat ini mulai terkenal di mancanegara. 

Penutup

Itulah 7 Jenis Budaya Indonesia yang dikenal Sampai Luar Negeri. Kita sebagai penduduk Indonesia patut bangga dan harus melestarikannya. Beragam jenis budaya indonesia merupakan harta paling berharga bagi kita. Tetap jaga dan lestarikan. 


Posting Komentar untuk "Bangga! 7 Jenis Budaya Indonesia yang dikenal Sampai Luar Negeri"