Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daftar Nama Rumah Adat Jawa Barat Beserta Keunikannya

Konten [Tampil]

Indonesia populer mempunyai keberagaman budaya. Dari Sabang sampai Merauke, di tiap wilayahnya mempunyai kebudayaan yang unik. Diantaranya kelihatan berbentuk rumah adat. Sama seperti yang pernah didalami saat periode sekolah, pada sebuah propinsi dapat mempunyai berbagai macam rumah adat, seperti rumah adat Jawa Barat.


Keunikan Rumah Adat Jawa Barat

Jika dilihat dari sisi keunikannya, tiap rumah adat tentu mempunyai ciri-ciri tertentu, terhitung pada keunikan yang ada pada rumah adat Jawa Barat berikut ini:


Baca Juga: Jenis Baju Adat Sunda yang Terkenal Unik


  • Rumah nya berupa pentas atau panggung
  • Wujud nya lebih memanjang ke samping
  • Kayu yang dipakai layu jati
  • Dinding nya ada ukir-pahatan yang unik
  • Atapnya berlainan dengan rumah adat lainnya


Arsitektur Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat Jawa Barat disebutkan dengan rumah Pentas karena melayang-layang tidak sentuh tanah dan memakai batu kali sebagai penumpu dan mempunyai sanggah dari beberapa fondasi yang disebutkan wadasan. Tinggi sanggahnya dapat capai 40-60 cm. Keunikan yang menonjol di rumah ini kecuali dari design arsitekturnya ialah karena rumah ini pentas.


Baca Juga: Rumah Adat Jawa Timur dan Keunikannya


Semua mode rumah adat Jawa Barat sepintas terlihat serupa. Tetapi, semua mempunyai ciri-ciri unik dan artinya semasing. Ingin tahu seperti apakah? Yok,langsung baca lima design rumah adat Jawa Barat berikut!


Imah Badak Heuay

rumah adat jawa barat
imah badak heuay


Nama rumah adat Jawa Barat ini ialah Imah Badak Heuay yang memiliki arti badak menguap. Penamaan pada rumah adat Jawa Barat ini juga tidak asal-asalan. Nama ini dipakai karena sisi atap pada rumah adat Jawa Barat ini terlihat seperti badak, sedang sisi depannya seperti mulut badak yang menguap.


Baca Juga: Keunikan Rumah Adat Jawa Tengah yang Sakral


Kecuali atap yang seperti badak, ada pula atap kecil pada rumah adat Jawa Barat ini yang berperan membuat perlindungan tempat teras di muka rumah. Teras yang komplet dengan bangku teras ini umumnya dipakai untuk terima tamu lelaki. Rumah adat Jawa Barat ini lebih banyak dijumpai di wilayah Sukabumi. Warga kekinian yang baru membuat rumah juga masih memakai wujud atap dari rumah adat Jawa Barat Imah Badak Heuay sebagai wujud konservasi budaya.


Rumah Togog Anjing

rumah adat jawa barat
rumah togog anjing

Rumah adat Jawa Barat selanjutnya ialah Rumah Togog Anjing. Sama dengan Imah Badak Heuay, pemberian nama pada rumah adat Jawa Barat ini dipakai karena design atap intinya seperti anjing yang duduk. Saat itu, atap tambahannya tersambung dengan atap khusus dan jadi teduh sisi depan rumah. Atap tambahan pada rumah adat Jawa Barat ini dikenali sebagai sorondoy.


Rumah Togog Anjing ini ada dalam teritori Garut. Walau terhitung rumah adat, warga kekinian tidak enggan untuk memakai design rumah adat Jawa Barat ini. Beberapa bangunan yang mengadopsi design rumah adat Jawa Barat ini ialah bungalow, hotel, dan tempat bermalam yang lain di tempat rekreasi.


Imah Julang Ngapak

rumah adat jawa barat
imah julang ngapak

Rumah adat Jawa Barat Imah Julang Ngapak mempunyai atap yang di inspirasi dari burung, di mana memiliki bentuk seperti burung yang mengemaskan sayapnya. Sisi atas pada rumah adat Jawa Barat ini berupa segitiga dan sisi bawahnya melebar. Saat itu, pada ke-2 pojok atap ada cagak gunting untuk menahan serapan air hujan.


Baca Juga: Nama Tiap Segi Rumah Bali


Pada jaman dulu, rumah adat Jawa Barat ini dilapis ijuk dari rumbia atau alang-alang. Walau lapisannya cuman dari dedaunan, rumah adat Jawa Barat ini tidak gampang alami kebocoran. Tetapi, pada periode kekinian ini, atap rumah adat Jawa Barat ini ada yang dilapis dengan material kayu. Rumah adat Jawa Barat Imah Julang Ngapak dapat kamu jumpai di wilayah Tasikmalaya.


Imah Jolopong

rumah adat jawa barat
Imah Jolopong jawa barat

Antara rumah adat Jawa Barat yang lain, Imah Jolopong dapat disebutkan mempunyai atap yang paling simpel, di mana memiliki bentuk berbentuk segitiga sama kaki. Di muka rumah adat Jawa Barat ini ada tempat untuk santai atau terima tamu.


Sisi pada dalam rumah adat Jawa Barat ini tidak mempunyai banyak pemisah ruang. Pemakaian material yang minim membuat ongkos pembangunan rumah adat Jawa Barat ini jadi lebih murah. Perihal ini pula sebagai salah satunya argumen kenapa masih banyak orang yang membuat rumah adat Jawa Barat Imah Jolopong. Kecuali untuk tempat tinggal, design rumah adat Jawa Barat ini sering diadaptasi untuk gedung pemerintah, lho!


Imah Parahu Kumureb

rumah adat jawa barat
Imah Parahu Kumureb

Rumah adat Jawa Barat yang ini kerap dikatakan sebagai Imah Perahu Tengkurep. Masalahnya atap rumah adat Jawa Barat ini seperti perahu yang kebalik dengan design atap berupa limas. Material khusus rumah adat Jawa Barat ini ialah kayu, sedang atapnya dibikin dari ijuk.


Sayang, bila diperbandingkan dengan rumah adat Jawa Barat yang lain, Imah Perahu Kumureb ialah yang paling kurang disukai oleh warga kekinian. Argumennya karena rumah adat Jawa Barat ini tidak mempunyai design yang prima untuk meredam air hujan. Dengan begitu, kasus kebocoran atap juga kerap banyak muncul. Ditambahkan lagi, curahan hujan di Jawa Barat termasuk lumayan tinggi. Meski begitu, kamu bisa mendapati beberapa rumah adat Jawa Barat Imah Perahu Kumureb di teritori Ciamis.


Lima design rumah adat Jawa Barat yang telah diterangkan di atas dapat jadi ide untuk membuat tempat tinggalmu, lho! Misalkan dengan mengadopsi mode atap dan bangunan. Saat itu, material dan sarananya, seperti furniture, dekor, dan perlengkapan dapat disamakan dengan kemauanmu. Berani coba?


Penutup

Itulah 5 Daftar Nama Rumah Adat Jawa Barat Beserta Keunikannya. semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan yang luas bagi kita semua.

Posting Komentar untuk " 5 Daftar Nama Rumah Adat Jawa Barat Beserta Keunikannya"