Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Seni Tari, Jenis, Unsur, dan Contohnya

Konten [Tampil]

Kelompok wanita sedang menari

Terdapat beragam jenis seni tari di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Untuk itulah mengapa Nusantara kaya akan adat kebudayaan kesenian. Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai tarian khasnya yang membedakan tarian satu dengan yang lainnya.


Seni tari adalah suatu gerakan yang berirama, dilakukan di suatu tempat dan waktu tertentu untuk mengekpresikan suatu perasaan dan menyampaikan pesan dari seseorang maupun kelompok. Seni menjadi wujud ekspresi diri dari manusia, yang sering dijadikan sarana hiburan dan pertunjukan. 


Secara umum seni tari adalah cabang seni yang mengungkapkan keindahan, ekspresi, hingga makna tertentu melalui media gerak tubuh yang disusun dan diperagakan sedemikian rupa untuk memberikan penampilan dan pengalaman yang menyenangkan atau menumbuhkan horison baru bagi penontonnya. Seni tari dapat dilakukan secara tunggal, berpasangan, berkelompok atau kolosal.


Untuk lebih detailnya mengenai pengertian seni tari, jenis, unsur, hingga contohnya. Berikut telah dirangkum oleh hot.liputan6.com.


Pengertian Seni Tari Menurut Pendapat Para Ahli

Secara umum, pengertian seni tari merupakan suatu kesenian dengan media ungkap berupa gerakan yang dilakukan untuk mengekspresikan perasaan atau untuk menyampaikan pesan dari seseorang atau bahkan kelompok. Selain pengertian secara umum, terdapat beberapa pengertian berdasarkan pendefinisian oleh para ahli sebagai berikut:


1. Soedarsono

Menurut Soedarsono, pengertian seni tari merupakan sebuah ungkapan yang berasal dari dalam jiwa manusia yang kemudian diekspresikan melalui gerakan indah juga ritmis. Sehingga, bisa dimaksudkan bahwa ungkapan ini untuk menunjukkan atau melimpahkan emosional seseorang yang setiap gerakannya disesuaikan bersamaan nada serta irama yang mengiringi.


2. M.A Theodora Retno Maruh

Menurut Theodora yang mengartikan seni tari sebagai sebuah karya seni gerak yang sifatnya tidak akan pernah menjadi kontemporer.


3. Kamala Devi Chattopadhyaya

Menurut Kamala Devi, pengertian seni tari merupakan sebagai sebuah insting yang memberikan desakkan kepada emosi di dalam diri manusia di mana sifatnya mendorong manusia untuk berekspresi.


4. Corrie Hartong

Menurut Corrie Hartong, pengertian seni tari adalah perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia, yang mendorong untuk mencari ungkapan yang berbentuk gerakan yang ritmis.


5. Yulianti Parani

Menurut Yulianti Parani, pengertian seni tari merupakan gerakan ritmis yang keluar dari sebagian tubuh atau seluruhnya yang dilakukan seseorang ataupun kelompok yang disertai dengan ekspresi tertentu.


6. Pengeran Suryadiningrat

Menurut pangeran Suryadiningrat, pengertian seni tari adalah gerakan yang dihadirkan oleh seluruh anggota tubuh seseorang yang dilakukan selaras dengan irama musik dengan maksud tertentu.


Jenis Seni Tari Daerah

Ada beberapa jenis tari ditinjau dari bentuk penyajiannya terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu:


1. Tari Tunggal

Tari tunggal yaitu tari yang dilakukan oleh satu orang. Contohnya adalah tari gambir anom, tari koncar, tari gunung sari, tari gatotkaca, tari bondan, tari gambyong, dan tari kukilo.


2. Tari Berpasangan

Tari berpasangan yaitu tari yang dilakukan dengan berpasangan, laki-laki dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan.


3. Tari Kelompok atau Massal

Tari ini dilakukan dengan ramai-ramai atau dengan menggunakan banyak penari.


Unsur-Unsur Utama Seni Tari 

Berikut ini unsur-unsur seni tari yang terdiri dari unsur utama dan pendukung, yaitu:


1. Unsur Utama

Dalam sebuah seni tari memiliki unsur utama yang perlu Anda ketahui, yaitu:


a. Wiraga (Raga)

Unsur yang pertama kali harus ada dalam sebuah seni tari tentunya adalah wiraga atau raga. Sebuah tarian harus bisa menampakkan gerakan badan dalam posisi apa pun.


b. Wirama (Irama)

Unsur penting selanjutnya adalah irama. Pasalnya, setiap tarian harus punya irama yang bisa memadukan musik pengiring dengan gerakan badan yang dilakukan oleh seorang penari. Irama ini pun harus mempunyai tempo yang sesuai.


c. Wirasa (Rasa)

Selain raga dan irama, seni tari harus mempunyai unsur rasa. Sebuah tarian harus mampu menyampaikan sebuah perasaan yang ada di dalam jiwa seseorang. Penyampaian perasaan inilah yang disampaikannya lewat sebuah gerakan atau tarian serta pengekspresiannya.


2. Unsur Pendukung

Seni tari juga mempunyai unsur pendukung yang bisa memaksimalkan ekspresi seni tari. Beberapa unsur tersebut adalah sebagai berikut:


a. Ragam Gerak

Sebuah tarian tentu akan terlihat lebih indah jika mampu melakukan kolaborasi seluruh anggota badan. Tak hanya mengandalkan tangan dan kaki saja, melainkan juga turut mengombinasikan raut wajah hingga lirikan mata. Hal tersebut tentunya bisa menjadi pesona tersendiri ketika melakukan sebuah tarian.


b. Ragam Iringan

Unsur pendukung lainnya adalah iringan yang diwujudkan dengan adanya pengiringan musik yang ritmis dan sesuai. Musik ini harus disesuaikan dengan gerakan badan yang membentuk sebuah tarian. Perpaduan akan gerakan dan alunan musik ini, bisa membuat penari atau bahkan orang lain larut dalam ekspresi dan tarian.


c. Riasan dan Kostum

Selain gerakan dan iringan, riasan wajah dan kostum merupakan unsur pendukung agar seni tari lebih maksimal dan menarik perhatian. Tentunya, tidak akan lengkap jika sebuah tarian tanpa kostum atau riasan wajah yang membuatnya terkesan hambar dan biasa-biasa saja. Bahkan, selain riasan dan kostum, pola lantai atau blocking pun harus diperhatikan sehingga rapi dan enak dipandang.


9 Contoh Seni Tari dari Beberapa Daerah di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan adat kebudayaan kesenian. Berikut ini beberapa tarian daerah populer di Nusantara, antara lain:


1. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh

  • Tari Seudati
  • Tari Saman Meuseukat


2. Tari-tarian Daerah Bali

  • Tari Legong Bali
  • Tari Kecak
  • Tari Pendet


3. Tari-tarian Daerah Bengkulu

  • Tari Andun
  • Tari Bidadari Teminang Anak


4. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta

  • Tari Topeng
  • Tari Yopong


5. Tari-tarian Daerah Jambi

  • Tari Sekapur Siri
  • Tari Selampir


6. Tari-tarian Daerah Jawa Barat

  • Tari Kuncaran
  • Tari Merak


7. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah

  • Tari Serimpi
  • Tari Blambangan Cakil


8. Tari-tarian Daerah Jawa Timur

  • Reog Ponorogo
  • Tari Remo


9. Tari-tarian Daerah Papua

  • Tari Perang
  • Tari Musyoh


Sumber: https://hot.liputan6.com/read/4559341/pengertian-seni-tari-beserta-jenis-unsur-unsur-dan-contohnya

Posting Komentar untuk "Apa Itu Seni Tari, Jenis, Unsur, dan Contohnya"