Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Nama Alat Musik Tradisional Sumatera Barat dan Gambarnya

Konten [Tampil]
Alat Musik Tradisional Sumatera Barat - Selain terkenal dengan makanan khasnya, Sumatera Barat juga memiliki alat musik tradisional yang terkenal dengan nama-namanya yang unik. Biasanya, alat musik di setiap daerah memiliki perbedaan ataupun persamaan, entah itu bentuk, cara dan bahan pembuatannya, ataupun cara memainkannya. 

Mayoritas, banyak alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul, seperti Talempong yang berasal dari Sumatera Barat. Selain Talempong, masih banyak lagi alat musik lainnya. Lalu, apa saja alat musik Sumatera Barat? 

Dibawah ini sudah kami sajikan 9 nama alat musik Sumatera Barat dilengkapi dengan gambar dan cara memainkannya. 



Alat Musik Tradisional Sumatera Barat dan Cara Memainkannya

Dalam mengiringi lagu-lagu Minang, biasanya menggunakan alat musik tradisional sebagai berikut:

1. Saluang

Saluang


Saluang adalah alat musik tradisional Minangkabau, Sumatera Barat. Saluang dimainkan dengan cara di tiup seperti memainkan suling. Alat musik Minang ini umumnya memiliki panjang 40cm - 60cm dengan diameter 3cm - 4cm dan dilengkapi dengan 4 lubang sebagai pengatur nada.

Konon, Saluang yang bagus terbuat dari bambu bekas jemuran pakaian. Alat musik Saluang berfungsi untuk mengiringi lagu-lagu tradisional Sumatera Barat yang dimainkan saat ada pertunjukan hiburan atau pemyambutan tamu agung. 

2. Bansi 

Bansi


Alat musik Sumatera Barat yang ke-2 ada Bansi. Bansi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Minangkabau. 

Alat musik Bansi terbuat dari bambu dengan panjang 15cm - 20cm dan terdapat 7 lubang untuk pengatur nada. Cara memainkan bansi yaitu dengan di tiup dan biasanya digunakan untuk mengiringi lagu tradisional Sumatera Barat.

3. Pupuik Batang Padi

Pupuik Batang Padi


Pupuik Batang Padi adalah alat musik yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, alat musik ini terbuat dari batang padi dan cara memainkannya yaitu di tiup. 

4. Serunai

Serunai


Alat musik Serunai merupakan jenis alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera barat. Cara memainkan Serunaa yaitu dengan di tiup. 

Alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki 4 lubang sebagai penentu nada dan biasanya berfungsi sebagai pengiring lagu tradisional Minang. 

Sedikit berbeda dengan alat musik tiup Sumatera Barat lainnya, Serunai terbuat dari kayu dan berbentuk pipih pada ujungnya.  

5. Pupuik Tanduak

Pupuik Tanduak


Pupuik Tanduak merupakan alat musik tiup tradisional dari Sumatera Barat, tepatnya di daerah Mianangkabu. Tanduak merupakan bahasa Minang yang artinya tanduk. 

Tak jauh berbeda dengan Pupuik Batang Padi, alat musik tiup ini terbuat tanduk kerbau yang sudah di keringkan terlebih dahulu dalam proses pembuatannya.  

6. Talempong

Talempong


Talempong adalah sebuah alat musik tradisional dari Sumatera barat yang cara mainnya dengan dipukul. Kali ini berbeda dengan beberapa alat musik tradisional Minangkabau di atas, Bahan yang digunakan untuk membuat Talempong adalah besi kuning. 

Alat musik pukul tradisional dari Minang ini memiliki peran utama sebagai pengiring lagu tradisional Sumatera Barat dan biasanya digunakan dalam acara-acara atau hiburan musik masyarakat Minangkabau. 

Selain itu, Talempong biasanya digunakan sebagai alat musik untuk menyambut tamu atau dalam perayaan besar.

7. Rabab atau Rebab Minang

Rabab atau Rebab Minang


Alat musik rebab tidak hanya ada di Sumatera Barat saja, melainkan terdapat di daerah lain dan tentunya ada pembeda di masing-masing daerah. 

Rebab merupakan alat musik tradisional yang banayk tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara di gesek pada senarnya sehingga akan menimbulkan bunyi atau nada tertentu. 

Seklias, Rebab ini mirip dengan biola, hanya saja memiliki ciri khas tersendiri

8. Aguang atau Gong Minang

Aguang atau Gong Minang


Aguang merupakan sebuah alat musik tradisional dari Sumatera Barat. Alat musik ini terbuat dari besi kuning yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan bunyi atau nada. 

Aguang atau Gong sendiri biasa dimainkan dengan cara di pukul dan biasanya juga digunakan dalam acara resmi seperti pernikahan atau hajatan, atau juga dalam acara peresmian. 

9. Gandang atau Gendang Minang

Gandang atau Gendang Minang


Gandang atau sering dikenal dengan Gendang merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya yaitu di tabuh dengan tangan. 

Alat musik ini terbuat dari kayu yang dibentuk berlubang dan permukaan kedua sisinya di tutup menggunakan kulit sapi atau kulit kerbau yang sudah dikeringkan. ketika di tabuh akan menghasilkan bunyi. Gandang atau gendang ini digunakan untuk mengiringi lagu tradisional atau dalam acara-acara tertentu.



Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai Alat Musik Tradisional Sumatera Barat. Sebenenarnya, dalam setiap daerah memiliki jenis dan alat musik dengan ciri khasnya masing-masing. 

Kita sebagai generasi muda harus senantiasa menjaga dan melestarikan warisan budaya, termasuk alat musik tradisional agar dapat selalu berkembang tidak akan lekang oleh waktu. 

Posting Komentar untuk "9 Nama Alat Musik Tradisional Sumatera Barat dan Gambarnya"