Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Joglo Jawa Tengah, Jenis dan Keunikannya

Konten [Tampil]
Rumah Joglo Jawa Tengah, Jenis dan Keunikannya


Rumah Joglo Jawa Tengah - Rumah Joglo adalah rumah adat Jawa Tengah. Rumah ini cukup terkenal oleh sebagian besar daerah di pulau jawa karena bangunannya yang cukup mudah untuk dikenali. Joglo sendiri merupakan bagian atap rumah suku adat Jawa. 

Ciri-ciri rumah joglo yaitu terdapat tiang utama sebagai penyangga yang berjumlah 4 dengan adanya pendopo, emperan (bagian luar rumah atau teras), senthong (kamar). Senthong dalam bangunan rumah adat jawa tengah terdapat 3 tempat, yaitu Senthong Tengah, Senthong Kiwa (kiri), dan Senthong Tengen (kanan).

Seiring dengan perkembangan zaman, Rumah Joglo kini mulai mengalami inovasi dan banyak bermunculan model-model terbaru, sebagai contoh Rumah Joglo modern dan minimalis. Rumah Joglo Modern adalah rumah adat Jawa Tengah yang dipadukan dengan tipe bangunan rumah modern atau rumah masa kini. 

9 Nama dan Jenis Rumah Joglo

Rumah Joglo mempunyai beberapa jenis dengan nama dan ciri-ciri yang berbeda-beda. berikut Jenis Rumah Joglo beserta nama dan gambarnya.

1. Sinom


Rumah Joglo Sinom

Rumah Joglo Sinom adalah salah satu dari jenis omah adat Jawa Tengah yang dengan tiang penyangga berjumlah 36. Pada atap Joglo Sinom biasanya terdiri atas 3 tingkat dan memilki 4 sisi.

2. Mangkurat


Rumah Joglo Mangkurat

Joglo Mangkurat merupakan bangunan rumah suku adat Jawa yang memiliki ciri-ciri dengan atap 4 sisi dan 3 tingkat kemiringan. Terdapat juga teras luas, atau orang Jawa menyebutnya dengan emperan. 

3. Pangrawit


Rumah Joglo Pangrawit

Joglo Pangrawit merupakan salah satu rumah suku adat jawa yang menjadi kiblat para arsitektur untuk membangun rumah joglo modern dan minimalis. 

Jenis bangunan ini mirip dengan Joglo Mangkurat. hanya saja, ada pembeda yang terletak pada ukuran bangunan yang lebih kecil dan panjang, serta bubungannya (atap) lebih pendek.

4. Hageng


Rumah Joglo Hageng

Rumah Joglo Hageng mempunyai skala bubungan (atap) yang lebih besar dan landai dari pada Mangkurat dan Pangrawat. 

Joglo Hageng memiliki bangunan atap yang megah bak istana kerajaan, kalau di pandang dari jauh akan terlihat besar dan menarik. 

5. Lawakan


Rumah Joglo Lawakan

Joglo Lawakan merupakan salah satu rumah adat Jawa Tengah yang terlihat sederhana dan megah. Rumah suku adat Jawa ini memiliki atap dengan 2 tingkat kemiringan, teras dan halaman yang luas. 

6. Rumah Joglo Jompongan


Rumah Joglo Jompongan

Rumah Joglo Jompongan bubungan (atap) Joglo Jompongan memiliki 2 tingkat kemiringan serta melebar ke arah kiri dan kanan yang di batasi dengan lis plank. 

Uniknya lagi, pada bagian pintu menggunakan pintu geser dan bentuk lantai persegi. Bila dilihat secara jauh, bangunan ini terlihat sederhana. Tapi, jika kita mendekat akan terlihat mewah dan megah. 

7. Rumah Joglo Semar Tinandhu


Rumah Joglo Semar Tinandhu

Joglo Tindandhu merupakan salah satu rumah Joglo yang sedikit berbeda dibandingkan dengan desain rumah Joglo yang lainnya. Pasalnya, bangunan tradisional Jawa Tengah yang satu ini hanya menggnakan tiang penyangga pada bagian depan rumah dan penyangga utama bangunan ini menggunakan dinding rumah yang umunya terbuat dari kayu. 

Rumah Joglo yang terlihat tampak depan ini lebih sederhana dan sangat nyaman untuk di tempati. Bisa juga gambar rumah Joglo ini dijadikan contoh inspirasi dalam pembangunan rumah dengan mengacu pada sketsa rumah joglo. 

8. Rumah Joglo Panggang Pe


Rumah Joglo Panggang Pe

Joglo Panggang Pe atau Cakrik Panggang Pe adalah rumah adat Jawa Tengah dengan desain bangunan atap yang terlihat menumpuk. Omah adat suku Jawa ini terbilang cukup besar degan tiang penyangga antara 6-12 sebagai tinang utama. 

Pada bagian depan Rumah Joglo yang berasal dari daerah Jawa Tengah ini terlihat cukup luas tanpa adanya dinding pada setiap sisinya dan ini merupakan teras atau emperan. 

9. Tajuk


Rumah Joglo Tajuk

Rumah adat Jawa Tengah terkahir adalah Joglo Tajuk. Bangunan tradisional Jawa Tengah ini memiliki 3 tingkatan atap yang bertumpuk dan tinggi, karena omah adat ini berfungsi sebagai tempat ibadah. 

Keunikan Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Rumah Joglo yang berasal dari Jawa Tengah ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Istilah Jolgo diambil dari kata Tajuk Loro yang berarti dua gunung. 

Rumah Joglo Jawa Tengah mayoritas bahan bangunannya menggunakan kayu jati, maka dari itu bangunan-bangunan ini bisa tahan hingga berpuluh-puluh tahun dan tetap kokoh. 

Keunikan pada bangunan Joglo yaitu mulai mengalami kemajuan dengan menggabungkan jenis bangunan modern yang disebut Rumah Joglo Modern.   

Lalu, apa saja keunikan Rumah Joglo?

Tak lepas dari nama dan jenis rumah Joglo di atas, pasti menyimpan keunikan lain. Berikut keunikan Rumah Joglo

1. Keunikan atap rumah Joglo

Desain atap rumah Joglo terlihat lebih tinggi dan melebar ke samping. Bangunan ini didukung dengan tiang penyangga yang berjumlah 4 sebagai tiang utama dan dikenal dengan nama "Soko Guru"

Soko Guru memiliki makna sebagai kekuatan dari empat penjuru mata angin, yaitu Etan (Timur), Elor (Utara), Kulon (Barat), Kidul (Selatan). Masyarakat percaya dengan berlindung pada 4 tiang penjuru mata angin ini dapat terhindar dari bahaya, seperti bencana alam. 

2. Pintu utama rumah Joglo

Keunikan yang kedua Rumah Joglo terletak pada penempatan pintunya. Rumah Joglo memiliki tiga pintu yang terletak di tengah sebagai pintu utama, serta kiri dan kanan. 

Penempatan pintu kiri dan kanan pada rumah Joglo memiliki arti sebagai kupu-kupu yang berkembang dan berjuang di dalam sebuah keluarga. 

Selain menjadi pintu utama, pintu tengah rumah Joglo dimaknai sebagai kedetakan antara pemiliki rumah dan tamunya. 

3. Teras yang luas

Teras atau emperan rumah adat Jawa Tengah sangatlah luas, hal ini bertujuan untuk menjalis sosialiasi dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya.

4. Ruang Gedongan

Gedongan menjadi salah satu ruang yang ada pada rumah tradisional Jawa tengah dengan tujuan sebagai tempat perlindungan, ketenangan hati dalam keluarga. Fungsi lain ruang ini sebagai kamar untuk sepasang kekasih yang baru menikah. 

5. Artsitektur Bangunan yang unik

Rumah joglo merupakan salah satu rumah adat dengan desain yang unik serta bangunannya yang luas dan megah. Karena hal itu, rumah adat Jawa Tengah ini dulunya hanya ditempati oleh para bangsawan dan tidak di peruntukan untuk kalangan masyarakat menengah kebawah. 

Bangunan dari material kayu jati yang berdiri kokoh dan megah menambah keunikan serta keindahan pada rumah Joglo. Sekarang ini, para arsitektur mulai mengmbangkan Rumah Joglo Modern. Berikut contoh gambar rumah joglo modern tampak depan:


Rumah Joglo modern tampak depan

Rumah Joglo Tampak Depan

Gimana nih, keren kan? ternyata rumah adat bisa juga di berikan sentuhan menjadi bangunan mewah dan mengikuti zaman. Dengan begini rumah adat akan tetap terlestarikan. Selain gambar rumah joglo modern, kami juga akan menyajikan untuk sketsa rumah joglo. berikut contohnya:


Sketsa Rumah Joglo


Fungsi Bagian Ruangan Rumah Joglo

Tak lepas dari struktur bangunannya, rumah Joglo yang berasal dari Jawa Tengah juga memiliki fungsi ruang pada setiap bagian dalamnya. Berikut adalah fungsi dan kegunaan ruang dalam bagian dalam Rumah Joglo.


1. Pendopo

Bagian ini cukup luas dan berada di depan rumah joglo. Fungsi utama pendopo pada rumah adat joglo untuk menyambut tamu dan berinteraksi dengan masyarakat, 

2. Pringgitan

Pringgitaan merupakan ruang tamu dan berfungsi sebagai penghubung antara pendopo dengan rumah. Biasanya, Pringgitan dan pendopo dibatasi dengan skat lawang dari kayu atau gebyok. Kegunaan lain dari pringgitan adalah ruang keluarga. 

3. Omah

Omah adalah bagina utama dalam rumah Joglo dan biasanya bagian dalam ini terdapat ruagan seperti senthong dan lain-lain. Bentuk lain pada bagian omah berbentuk persegi dan berfungsi sebagai tempat tinggal utama keluarga. 

4. Senthong

Senthong atau kamar merupakan bagian dalem pada rumah Joglo yang berfungsi sebagai tempat tidur atau untuk menyimpan barang-barang terntentu seperti hasil panen ataupun perhiasan. 

5. Gandhok

Gandhok atau dapur adalah ruangan yang berfungsi sebagai tempat memasak dan menyiapkan makan untuk keluarga. 

Filosofi Rumah Joglo Jawa Tengah

Selain unik, Rumah Joglo Jawa Tengah ini juga memiliki Filosofi yang menarik untuk dibahas. Berikut Filososfi yang terkandung dalam rumah Joglo:

1. Rumah Joglo menggunakan Soko Guru atau 4 tiang utama sebagai penyangga rumah. Tiang ini memiliki makna sebagai penjuru mata angin dan dipercaya bila berlindung di dalam 4 tiang ini akan terhindar dari mara bahaya. 

2. Teras yang luas memiliki memiliki filosofi untuk menjalin silaturahmi dan interaksi sosial dengan warga atau tentangga. 

3. Terdapat pintu utama yang besar di tengah pada rumah Joglo dan memiliki filosofi sebagai keluarga yang terbuka. 

4. Adanya pagar mangkok yanbg tingginya kurang dari 1 meter, filosofi yang terkandung didalamnya ialah supaya lebih mudah berinteraksi atau bercengkrama dengan tetangga dan masyarakat.  

Posting Komentar untuk "Rumah Joglo Jawa Tengah, Jenis dan Keunikannya"