Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Nama Tarian Sumatera Barat dan Gambarnya

Konten [Tampil]

Tarian Sumatera BaratSelain terkenal dengan rumah tanduk kerbau dan makanan khas yang nikmat, Sumatera Barat memiliki jenis tarian tradisional yang cukup eksis. Salah satu contoh tarian Sumatera Barat adalah Tari Piring dan Tari Payung. 

Tarian Sumatera Barat banyak di dominasi dari suku Minangkabau, dikarenakan suku ini memiliki pupulasi yang cukup tinggi di Sumatera Barat. 

Lalu, apa saja jenis Tarian daerah Sumatera Barat? 

Tarian Sumatera Barat

Tarian tradisional dari daerah Sumatera Barat terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

1. Tari Piring

Tari Piring

Tari piring adalah jenis tarian yang berasal dari daerah Solok, Sumatera Barat. Dalam setiap pertunjukannya, seni tari ini menggunakan piring sebagai properti utamanya. 

Pada awalnya, pertunjukan Tari piring adalah sebuah penghormatan masyarakat yang ditujukan kepada Dewa karena hasil panen yang melimpah. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tarian tradisional Sumtaera Barat ini mulai dipertontonkan sebagai hiburan masyarakat umum. 

Properti Tari Piring 

  1. Piring sebagai media utamanya
  2. Baju Kurung
  3. Kain Kodek
  4. Kalung Gadang
  5. Sisamping
  6. Tengkuluk Tanduk
  7. Cawek Pinggang
  8. Busana Rang Mudo
  9. Saran Gelembong
  10. Deta atau Destar
  11. Subang
  12. Kalung Rumbai
  13. Kaos kaki
  14. Cincin

2. Tari Payung

Tari Payung

Tari Payung berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Tari Payung termasuk jenis tari Melayu yang menggunakan payung sebagai properti utamanya. Tari Payung Sumatera Barat ini memiliki makna rasa cinta antar sepasang kekasih, hal ini bisa kita buktikan melalui properti yang digunakan yaitu payung sebagai simbol perlindungan dan selendang sebagai lambang kesetiaan. 

Baca Juga: Tarian Daerah Jawa Timur dan Gambarnya

Tari Payung diciptakan oleh Muhammad Rasyid Manggis pada tahun 1920. Awal mula terbentuknya tarian ini bertujuan sebagai selingan dalam pertunjukan panggung teater khas Sumatera Barat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Tari Payung kini digunakan sebagai pertunjukan dan hiburan masyarakat.

  

3. Tari Lilin

tari lilin

Tarian yang berasal dari Sumatera Barat selanjutnya adalah tari lilin. Tarian tradisional khas Sumatera Barat ini menggunakan properti lilin dalam setiap pertunjukannnya. Tarian ini termasuk juga dalam jenis tarian persembahan yang dulu ditujukan kepada dewa atas rasa syukur hasil panen yang melimpah dan saat ini berfungsi sebagai media hiburan masyarakat.

 

4. Tari Pasambahan (Pasembahan)

tari pasembahan

Nama Tarian Sumatera Barat selanjutnya adalah tari pasembahan yang dimainkan oleh penari pria dan wanita. Tarian daerah Sumatera Barat ini ditujukan dalam penyambutan tamu kehormatan dari luar daerah.

 

5. Tari Rantak


tari rantak

Tari rantak merupakan salah satu tarian Sumatera Barat yang masih memiliki aliran dari tari tarian jambi. tarian khas Sumbar ini biasa dimainkan oleh kelompok penari wanita dengan kostum tari yang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kuning ke-emasan dan merah magenta. 

6. Tari Galombang (Gelombang)


tari galombang atau gelombang

Tari Galombang artinya gelombang, yang mana tarian Sumatera Barat ini seolah membentuk gerakan gelombang dalam pertunjukannya. Tari Galombang biasanya digelar dalam acara resmi, seperti pernikahan dan upacara adat.   

7. Tari Tempurung


tari tempurung

Tarian Daerah Sumatera Barat yang terkahir adalah tari tempurung. Kenapa disebut tari tempurung? karena dalam pertunjukannya, tarian ini menggunakan tempurung batok kelapa yang berjumlah 2 buah sebagai propertinya. Tarian ini biasa dipertunjukan dalam kesenian rakyat Sumatera Barat dan diiringi dengan alat musik tradisional Sumatera Barat


Penutup

Itulah sedikit informasi mengenai Tarian Sumatera Barat yang yang menggunakan properti unik dalam setiap pertunjukannya.

Posting Komentar untuk "7 Nama Tarian Sumatera Barat dan Gambarnya"