Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mudah Membuat Taman Atap Rumah

Taman Atap Rumah

Taman atap Rumah adalah tambahan yang indah dan ramah lingkungan untuk rumah minimalis, terutama di area perkotaan. Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah tanpa halaman, rooftop garden dapat membiarkan Anda menumbuhkan pohon hias dan rumput, bunga, dan bahkan tanaman yang dapat dimakan. Hubungi insinyur struktural dan petakan kebun Anda sebelum Anda mulai menanam. Pilih tanaman dan dekorasi yang tepat untuk memanfaatkan ruang apa yang Anda miliki.

Langkah Membuat Taman Atap Rumah

1. Persiapan Atap Anda

A. Evaluasi kapasitas pemuatan atap Anda 

Kapasitas pemuatan adalah berapa banyak berat yang dapat didukung oleh struktur atap Anda. Ini akan mencakup tanaman Anda, wadah tanaman, furnitur, peralatan, pengunjung, dan beban cuaca seperti salju. Hubungi insinyur struktural untuk mendiskusikan taman atap Anda dan berapa banyak atap Anda dapat menangani.

  • Seorang insinyur struktural juga dapat memberi tahu Anda dalam desain awal untuk taman Anda dan bagaimana mengatasi kemungkinan penghalang (seperti cerobong asap). Situs pencarian bisnis seperti Yelp atau Angie's List dapat membantu Anda menemukan insinyur lokal.
  • Pastikan insinyur yang Anda hubungi berlisensi (persyaratan hukum di banyak negara, terutama Amerika Serikat).

B. Periksa dengan kode bangunan kota Anda

Tinjau kode bangunan kota Anda sebelum memulai konstruksi untuk memastikan taman atap diizinkan di daerah Anda. Daerah Anda mungkin memiliki batasan pada ketinggian taman Anda, bagaimana Anda menggunakan ruang atap Anda, dan apakah dekorasi tertentu terlalu mengganggu.

  • Jika Anda menyewa rumah Anda, hubungi pemilik Anda untuk mendapatkan izin sebelum membangun taman atap Anda.
  • Jika Anda tinggal di sebuah bangunan yang merupakan bagian dari lingkungan bersejarah, Anda perlu menghubungi para pemimpin distrik untuk mencari tahu apakah ada peraturan tambahan.

C. Pantau paparan sinar matahari bangunan Anda

Tergantung pada tanaman, kebun Anda akan membutuhkan sebanyak 6 sampai 8 jam sinar matahari sehari. Perhatikan pola sinar matahari selama 1 atau 2 minggu untuk memastikan sinar matahari atap Anda tidak dikaburkan oleh bangunan lain.
  • Cobalah memantau matahari di pagi hari, tengah hari, dan malam hari sehingga Anda memiliki rasa yang akurat tentang bagaimana paparan berubah sepanjang hari.

D. Rencanakan untuk paparan angin

Angin biasanya lebih kuat di atap daripada di permukaan tanah, terutama jika bangunan Anda beberapa lantai tinggi. Terlalu banyak angin dapat sangat merusak atau bahkan membunuh tanaman. Windbreaker struktural (seperti teralis) mungkin diperlukan jika Anda melihat angin kencang di atap Anda.
  • Anda dapat memantau paparan angin dengan baling-baling cuaca, dengan anemometer, atau dengan berdiri di atap dan mengalami cuaca untuk diri sendiri.
  • Karena angin dapat mengeringkan tanah, tanaman Anda akan membutuhkan penyiraman yang sering.

E. Petakan desain taman atap Anda di atas kertas grafik 

Menggunakan grafik atau kertas cetak biru, buat sketsa kasar taman Anda dan plot di mana Anda ingin menempatkan tanaman dan furnitur. Ini akan menjaga atap Anda terorganisir saat Anda mulai membangun taman Anda. Jika Anda berubah pikiran tentang sesuatu, Anda selalu dapat kembali dan mendesain ulang.
  • Untuk menjaga sketsa untuk skala, memutuskan sebelumnya berapa banyak ruang setiap persegi pada kertas grafik akan mewakili (misalnya 1 kaki atau meter). Perkiraan ukuran keseluruhan atap Anda atau ukur sendiri, lalu dasarkan gambar pada pengukuran Anda.

2. Membeli Tanaman

A. Carilah kekeringan dan tanaman yang toleran terhadap panas

Angin dan sinar matahari yang berpotensi intens akan membuat tanaman yang lebih kuat menjadi kandidat yang lebih baik untuk taman atap. Bibit dengan kualitas ini akan lebih mungkin untuk bertahan hidup pada tahun pertama. Tambahkan naungan atau windbreakers jika Anda berencana untuk menambahkan tanaman yang lebih rapuh.
  • Rumput hias, honeysuckles, dan magnolia semuanya berjalan dengan baik dalam cuaca panas dan cerah.
  • Pastikan Anda secara teratur menyirami tanaman Anda, bahkan yang tahan kekeringan.

B. Beli tanaman asli daerah Anda

Tanaman yang berasal dari negara bagian atau iklim Anda akan menarik fauna asli, seperti burung dan kupu-kupu. Mereka juga akan beradaptasi lebih mudah ke kebun Anda daripada tanaman non-asli. Jika angin kencang atau panas melanda, tanaman Anda akan jauh lebih mungkin untuk bertahan hidup.
  • Hiasi taman dengan pengumpan burung atau kupu-kupu untuk menarik lebih banyak hewan.
  • Tanyakan pembibitan lokal Anda tanaman mana yang berasal dari daerah Anda untuk pilihan Anda.

C. Pilih pohon hias dan semak belukar

Tanaman besar akan membebani atap Anda dan meninggalkan lebih sedikit ruang untuk dekorasi lainnya. Pohon-pohon kecil dan hias dan semak-semak melakukannya dengan baik di taman atap ketika dilindungi dengan windbreakers dan ditempatkan dalam wadah yang stabil. Tambahkan 2 hingga 4 pohon atau semak paling banyak untuk menghemat ruang.
  • Pangkas akar pohon Anda setiap beberapa tahun untuk menjaganya tetap pada ukuran yang dapat dikelola.
  • Contoh pohon hias dan semak-semak meliputi: Dogwood, Pohon Lilac Jepang, Crabapple, Star Magnolia, dan Jack Dwarf Flowering Pear.

D. Menghindar dari tanaman daun besar 

Tanaman dengan daun besar dan lentur cenderung tercabik-cabik oleh angin kencang di taman atap. Mereka juga lebih mungkin menderita luka bakar musim dingin selama musim yang lebih dingin. Tanaman atau pinus berbaun lebih kecil berkembang dengan sangat baik di atap.

3. Membangun Taman

A. Hubungkan selang yang mengarah ke atap Anda

Kecuali Anda menerima curah hujan yang cukup untuk sistem penyimpanan, menggunakan selang untuk menyirami kebun Anda akan paling hemat ruang. Periksa keran atau saluran air di atap, dan pasang selang Anda.
  • Jika Anda tidak dapat menemukan keduanya, gunakan kaleng penyiraman.
  • Metode penyiraman yang paling dapat diandalkan melibatkan pengaturan sistem irigasi otomatis.

B. Tambahkan wadah untuk tanaman Anda

Lihat peta taman Anda saat Anda memutuskan di mana menempatkan kontainer. Pot yang ideal akan ringan dan cukup dalam untuk mengakomodasi akar tanaman Anda. Pilih wadah kayu atau plastik di atas bahan yang lebih berat, seperti terakota.

C. Tempatkan benih atau bibit Anda dalam wadah

Tergantung pada preferensi Anda, Anda dapat meningkatkan tanaman Anda dari biji atau transplantasi tanaman muda dari pembibitan. Bibit biasanya lebih kuat dan tahan hama, sementara biji jauh lebih murah.
  • Bibit akan lebih baik daripada biji di iklim yang lebih dingin atau berangin.
  • Jika diinginkan, Anda juga dapat memulai benih di dalam dan mentransplantasikannya nanti sebagai bibit.

D. Pasang teralis

Pemecah angin akan menjaga tanaman Anda dari pengeringan atau mendapatkan rusak dalam cuaca yang keras. Teralis adalah pilihan paling umum untuk taman atap karena mereka memiliki lubang, karena windbreaks padat akan mengetuk dengan mudah. Membangun atau membeli teralis, dan menempatkannya di mana ia akan memblokir arah angin.
  • Hiasi teralis Anda dengan ivy merangkak, kacang polong manis, memanjat mawar, atau kemuliaan pagi.

4. Dekorasi Taman Anda

A. Tambahkan furnitur ringan

Setelah Anda menempatkan semua tanaman Anda, lihat peta taman Anda lagi saat Anda membawa furnitur. Pilih furnitur ringan untuk menghindari terlalu banyak tekanan pada atap Anda. Furnitur yang dapat dilipat, seperti kursi santai, sangat ringan dan bagus untuk menghemat ruang.
  • Untuk mencegah furnitur bertiup angin kencang, amankan ke benda-benda tak bergerak atau simpan saat Anda tidak menggunakannya.

B. Manfaatkan ruang terbuka

Setiap inci ruang di taman atap Anda harus memiliki tujuan. Alih-alih memadati tanah, hiasi dengan ketinggian jika memungkinkan. Memanfaatkan ruang vertikal akan membuat taman Anda terasa lebih lapang, sehingga tanaman memanjat tanaman merambat atau menggantung wadah bunga di dinding yang berdekatan jika memungkinkan.
  • Terlalu fokus pada ruang horizontal akan membuat taman Anda tampak sempit.

C. Pilih titik fokus

Titik fokus adalah centerpieces yang mengikat taman Anda bersama-sama. Memilih pusat akan membuat taman Anda terasa seimbang dan harmonis. Titik fokus yang baik mungkin tanaman yang lebih besar (seperti pohon), sofa luar ruangan, atau patung.
  • Untuk membuat titik fokus Anda menonjol, hindari dekorasi dengan lebih dari 1 atau 2 tanaman / dekorasi yang lebih besar. Terlalu banyak titik fokus akan mengalihkan perhatian satu sama lain dan tampak luar biasa.
  • Pilih sifat (seperti 1 atau beberapa warna) untuk mengikat dekorasi dan titik fokus bersama-sama sehingga mereka tidak berbenturan.

D. Pilih dekorasi multifungsi

Karena Anda memiliki ruang dalam jumlah terbatas, pastikan semua yang Anda tambahkan dapat melayani banyak tujuan. Carilah kursi yang dapat berbaring ke dalam kursi empuk atau meja kopi yang dapat diperluas. Temukan bangku yang dapat digunakan sebagai penyimpanan untuk furnitur lipat Anda. Jika dekorasi tidak memiliki beberapa tujuan, pertimbangkan apakah ruang yang diambilnya bermanfaat.

Artikel di atas pernah dipublikasikan dalam bahasa inggris oleh wikihow