Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Bermain Crypto Bagi Pemula yang Perlu Diketahui

 Mengetahui cara bermain crypto bagi pemula tentu sangat penting. Apalagi yang ingin terus mendapat untung. Sebaiknya memperhatikan beberapa cara cerdas supaya bisa menghasilkan banyak profit. Langkah-langkah yang perlu diterapkan sebenarnya sangat mudah, investor hanya butuh ketekunan dan fokus. 

Mindset pertama yang harus ditanamkan adalah ini bukan cara instan buat kaya raya. Trading kripto berarti Anda berpartisipasi ke dalam jual beli aset. Perlu pertimbangan matang setiap kali hendak menjual maupun membeli crypto. Selebihnya mengikuti arahan dari siasat ini. 

Lamtas, bagaimana cara bermain crypto? Di bawah ini penjelasan lengkapnya.


Cara Bermain Crypto Untuk Pemula yang Benar

1. Masukkan Sebagian Portofolio ke Cryptocurrency

Beberapa aplikasi investasi umumnya sudah menyiapkan robot untuk menentukan tipe-tipe investor. Disarankan untuk bisa mengalokasikan ke cryptocurrency harus mengetahui portofolio sendiri. Ada tiga tipe investor, yakni agresif, moderat dan aman.

Jika sudah diukur dan ditemukan tipe seperti apa, maka berikutnya secara otomatis langsung diberikan penilaian tipe investor. Setelah itu, persenan portofolio investor akan ditunjukkan.

2. Pilih Mata Uang Crypto

Adapun cara bermain crypto bagi pemula berikutnya agar cuan adalah memilih mata uang kripto yang menjanjikan keuntungan besar. Belakangan ini yang paling populer dan terbaik adalah mata uang Bitcoin. Selain itu ada beberapa juga jenis mata uang yang layak dipilih seperti Ethereum, Dash, Dogecoin, Ripple dan masih banyak lagi.

Hanya saja, kalau melihat dari sisi popularitasnya Bitcoin tentu menjadi pemenangnya. Hal ini karena dapat diandalkan dan keamanannya stabil. Jadi tak heran kalau investor-investor terkenal memilih jenis mata uang kripto ini.

3. Tak Perlu Buru Buru Menjual

Biasanya banyak investor pemula yang panik ketika membeli aset kripto tetapi harganya tiba-tiba menurun. Mereka cenderung menjualnya untuk menghindari kerugian. Tapi sayangnya, cara itu kurang tepat dan sebaiknya dihindari. Yang diperlukan adalah tetap tenang dan jangan buru-buru untuk menjualnya.

Bahkan pada kesempatan seperti ini bisa digunakan untuk membeli lagi karena harganya lagi rendah. Sebab nantinya kalau ada peluang naik investor akan dapatkan keuntungan berlipat ganda, seperti yang sudah dialami para crazy rich yang menggunakan trik-trik ini.

4. Pilih Uang Dingin

Maksud dari uang dingin sendiri merupakan uang yang tidak digunakan dalam waktu dekat. Itu artinya, investor mempunyai tabungan dan sengaja tidak dipakai untuk tujuan tertentu. Posisinya pemilik hanya menabung uang kripto saja tanpa memakainya untuk keperluan sehari-hari.

Adapun cara bermain crypto bagi pemula pada poin ini, pakailah uang yang ditabung tersebut untuk bermain crypto. Pastikan tidak menggunakan uang panas sebab bisa beresiko pada keuangan. Maksud dari uang panas ini adalah uang yang yang masih dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk membayar tagihan, membeli makanan atau uang darurat.

5. Pilih Platform

Platform yang menjadi wadah untuk melakukan pembelian mata uang digital tentu sangat mempengaruhi keuntungan yang nantinya akan didapatkan. Oleh sebab itu, pandai-pandailah dalam memilih platform atau aplikasi agar bisa membeli mata uang digital dengan mudah. Apalagi bagi pemula, supaya tidak mengalami kerugian tidak terduga di awal memulai.

Aplikasi investasi cryptocurrency sekarang sudah banyak sekali ditawarkan apalagi di Indonesia. Beberapa aplikasi legal dan aman tersedia seperti Indodax, Pintu dan Tokocrypto dan masih ada beberapa lainnya. Masing-masing dari aplikasi tersebut tentu memiliki keunggulan tersendiri yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan investasi crypto.

Bagaimana, sudah tergambar mau memulai kripto yang seperti apa setelah membaca penjelasan di atas? Itulah 5 cara bermain crypto bagi pemula yang dapat diterapkan agar menguntungkan dan terjamin di masa depan. Khususnya yang perlu diperhatikan pada pemilihan mata uang digital dan platformnya. Pastikan memiliki legalitas dan diawasi oleh OJK.