Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Syarat dan Tata Cara Menghapus Data Di Kredit Pintar Melalui Email

 Ada berbagai macam bentuk dan jenis aplikasi kredit yang dapat dipilih dan digunakan. Beberapa diantaranya seperti Kredivo, Kredit Pintar, dan sebagainya. Selain aman dan nyaman, aplikasi tersebut juga jelas mengenai regulasi terkait keamanan data pengguna serta syarat ketentuannya. Lantas, bagaimana cara menghapus data di Kredit Pintar ketika sudah tidak lagi digunakan untuk menjamin keamanan?

Sebagai informasi tambahan, bahwa Kredit Pintar sendiri memiliki aplikasi dengan penilaian 4.6 bintang. Selain itu, memiliki kantor pusat di Jakarta Selatan dan telah memiliki izin OJK untuk memberikan layanan kredit kepada pengguna. 

Simak di bawah ini cara menghapus data di Kredit Pintar beserta syarat yang harus dipenuhi.


Syarat Sebelum Dapat Menghapus Data dan Akun Kredit Pintar

Hal pertama yang wajib diketahui sebelum masuk ke pembahasan cara menghapus data di Kredit Pintar adalah memahami syaratnya. Penghapusan data dan akun Kredit Pintar tidak dapat dilakukan begitu saja, namun memerlukan beberapa syarat tertentu. Untuk memudahkannya akan disampaikan juga syarat sebelum dapat menghapus data dan akun Kredit Pintar sebagai berikut:

1. Seluruh Kredit Telah Lunas Secara Sah

Pihak Kredit Pintar tentunya tidak ingin layanannya rugi dan menjamin kelayakan kepada para penggunanya, termasuk untuk menghentikan pemakaian. Setiap pengguna yang mengajukan penghapusan akun, perlu dipastikan untuk melunasi seluruh kredit yang dimiliki.

Langkah mudah dapat dilakukan dalam riwayat kredit yang dimiliki apakah sudah lunas semua atau belum. Kemudian nantinya ketika pengguna mengajukan penghapusan data, maka pihak Kredit Pintar juga akan memeriksa ulang transaksi kredit sebelumnya.

2. Tidak dalam Masa Kredit yang Berjalan

Berhubungan dengan sebelumnya, pengguna perlu memastikan bahwa seluruh kredit telah lunas dan tercatat dalam aplikasi. Selain itu, masa kredit yang ditentukan dalam Kredit Pintar yang beraneka ragam juga menjadi syarat berikutnya yang harus dipenuhi. Baik dalam jangka waktu bulan atau bahkan tahun, pengajuan akun akan disetujui ketika pengguna tidak dalam masa kredit aktif.

Cara Menghapus Data Sekaligus Akun Di Kredit Pintar

Setelah mengetahui syarat yang diperlukan, pastikan para pengguna memenuhi syarat tersebut dan sudah memastikannya terlebih dahulu. Beberapa informasi pribadi dalam akun meliputi KTP, nama ibu kandung, nama lengkap, pekerjaan, penghasilan, dan sebagainya. Pihak layanan menuliskan akun yang berisi informasi pribadi dapat dihapus melalui cara menghapus data di Kredit Pintar seperti:

Pertama buka email kemudian tuliskan tujuan kepada cs@kreditpintar.com tanpa spasi.

Kemudian tuliskan juga subject sesuai tujuan pengiriman email seperti "Pengajuan penghapusan data dan akun". Penulisan pada subject akan mempermudah pihak Kredit Pintar melihat email yang masuk.

Langkah selanjutnya masuk ke bagian isi dan jelaskan apa yang melatarbelakangi pengguna ingin menghapus data. Misalnya seperti karena akun sudah tidak digunakan lagi atau sebagainya.

Berikutnya dalam bagian isi juga tuliskan identitas akun seperti nomor atau tangkapan layar profil. 

Tambahkan juga informasi bahwa pengajuan akun adalah permintaan dari pengguna pertama.

Terakhir klik tombol kirim dan tunggu hingga ada email balasan yang menyatakan persetujuan pengajuan penghapusan data.

Ketika mendapatkan balasan bahwa pengajuan ditolak, maka perlu melakukan pengecekan dan validasi ulang.

Informasi pengajuan yang diterima juga akan disampaikan melalui balasan email.

Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan seputar informasi syarat yang harus dipenuhi dahulu dan cara menghapus data di Kredit Pintar secara mandiri. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa ketika mengajukan penghapusan akun dan data pengguna perlu untuk menunggu. Proses pengajuan juga akan memakan waktu cukup lama, namun yang penting pastikan email terkirim.